13 May 2019

Daniel Rohi Akhirnya Lolos ke DPRD Jatim

Kaget juga membaca nama-nama 100 caleg yang lolos ke DPRD Jatim. Ada nama Daniel Rohi. Dosen UK Petra asal Kupang NTT ini jadi caleg ke-11 yang lolos dari PDI Perjuangan. Mewakili Malang Raya.

Daniel Rohi. Lama tak bertemu bung yang suka bicara bahasa Melayu Kupang meskipun sudah karatan di Surabaya. Logat NTT sonde bisa hilang, katanya. Bae sonde bae tanah Timor lebeh bae!

Bung Daniel cukup lama kuliah lanjut di Malaysia. Di negara jiran itu dia banyak belajar sistem politik Malaysia. UMNO yang dominan, pembangkang (oposisi) yang galak, ADUN yang selalu turun menemui rakyat di dapilnya.

ADUN itu ahli undangan negeri. Macam anggota DPRD di sini. "Semua ADUN punya gelar YB di depan namanya. YB: Yang Berhormat," ujar Daniel Rohi kepada saya di kampus UK Petra Surabaya.

Sangat sering saya ngobrol sama orang Kupang ini. Ada saja isu yang bisa digoreng jadi berita. "Bung sangat cocok jadi ADUN di sini. Bung kan mantan ketua GMKI Surabaya," kata saya serius.

"Masalahnya, beta bukan anggota partai. Kalau bukan anggota partai, mana bisa jadi anggota dewan," katanya.

Tak lama kemudian saya baca di koran. Daniel Rohi jadi sekretaris Partai Demokrasi Kasih Bangsa (PDKB) Jatim. Tentu saja jadi caleg juga. Tapi gagal. PDKB bubar karena gagal di electoral threshold.

"PDKB itu sekolah politik saya. PDKB yang membentuk skill politik saya," kata Daniel Rohi.

Bung Daniel yang sudah kecemplung ke kolam politik pantang mundur. Masuklah dia ke PDI Perjuangan. Jadi caleg lagi. Gagal lagi. Sampai tiga kali.

"Puji Tuhan dan terima kasih atas dukungannya. Setelah antre 4 kali pemilu... akhirnya," tulis Daniel Rohi. Ada gambar hati warna merah muda.

Daniel Rohi menggarap suara umat Kristen Protestan di kawasan Malang Selatan. Di antaranya di Sitiarjo. Salah satu kampung kristiani yang punya GKJW legendaris. Begitu juga pasamuwan GKJW-GKJW lain.

"Suara dari Sumbermanjing Wetan ini lumayan. Itu salah satu basis massa saya. Tentu saja saya tidak hanya mengandalkan suara dari umat Kristiani. Kontribusi suara yang signifikan justru dari komunitas lain," katanya.

Apa program YB Daniel Rohi?

"Tunggu pengumuman dan penetapan resmi dari KPU dulu lah. Sekarang beta belum saatnya bicara," katanya.

No comments:

Post a Comment