29 July 2018

Tidak Balas Selamat Hari Minggu

Masih banyak ucapan selamat berhari minggu. Biasanya dari orang-orang NTT. Baik yang tinggal di NTT maupun di tanah perantauan.
Ama Paul paling rajin kirim gambar berisi ucapan selamat hari minggu. Sering diperkaya dengan video musik. Lagu rohani yang menyentuh. Kadang ada pertanyaan: sudah misakah? Misa di mana?
Begitulah kebiasaan di NTT. Khususnya Flores dan Lembata. Hari Minggu itu hari istirahat. Saat untuk sembahyang (tanpa imam) atau misa kudus. Petani-petani yang berladang jauh di luar desa pun kumpul di gereja. Ibadat sabda atau ekaristi.
Rupanya teman-teman NTT ini banyak yang tidak tahu bahwa misa kudus di Jawa itu tidak hanya hari Minggu. Banyak orang Katolik yang misa Sabtu sore kayak saya. Ada juga yang misa harian (di luar Sabtu dan Minggu).
Juga hari Minggu tidak wajib libur. Libur karyawan sering gantian. Ada yang libur senin selasa rabu kamis jumat sabtu. Saya sendiri tidak pernah libur hari Minggu. Pernah libur Senin, kemudian ganti Rabu, dan ganti lagi Sabtu. Sesuai kebutuhan kantor atau perusahaan.
Maka, apa boleh buat, ucapan selamat hari minggu tidak pernah saya jawab. Wong beban kerja justru meningkat pada hari Ahad itu. Malah capek.
Tapi, di sisi lain, ucapan selamat hari minggu + lagu rohani ada bagusnya. Mengingatkan kita untuk tidak lupa misa. Lah, di NTT yang lebih banyak ibadat sabda tanpa ekaristi (karena pastor harus keliling ke gereja-gereja stasi/desa) saja orang rajin pigi gereja. Apalagi di Jawa yang pastornya banyak dan ada misa kudus setiap hari.

1 comment:

  1. Saya operator mesin di pembangkit listrik. Liburnya tidak selalu hari minggu. Kadang klo hari minggu libur, ikut misa pagi di Waiwerang, lalu menuju kampung . Di kampung sering ibadatnya lewat dari jam 8, jadi kadang sudah misa pun saya ikut ibadat sabda lagi di kampung. :-p

    ReplyDelete