14 June 2018

Untung Ada Piala Dunia 2018

Selamat mudik!
Selamat berlebaran!
Mohon maaf lahir batin!

Bulan puasa akhirnya berlalu. Lebaran tiba. Eh, kebetulan malam takbiran bersamaan dengan pembukaan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Rusia vs Arab Saudi. Opening game.

Rupanya FIFA dan Rusia, yang bekas komunis, tidak tahu bahwa jadwal Piala Dunia ini bersamaan dengan Idul Fitri. Pemain-pemain Arab Saudi harus puasa saat persiapan. Tentu bukan persiapan yang bagus untuk menghadapi tuan rumah.

Rusia memang tidak setangguh Uni Sovyet dulu. Yang selalu main cepat, kompak, semangat, full energi. Tapi pemain-pemain Rusia tidak puasa. Pasti punya keunggulan fisik ketimbang pemain-pemain Saudi.

Begitu pula pemain-pemain Mesir. Mo Salah dkk tidak bisa berlebaran di kampung halamannya. Mesir harus tampil pada hari kedua menghadapi Uruguay. Tim kuat Amerika Latin. Yang punya Suarez.

Yang pasti, Piala Dunia 2018 datang di saat yang tepat. Membuat saya kembali menonton televisi. Setelah puasa sebulan karena acara-acaranya melulu tentang puasa, khotbah, ceramah, banyolan jelang sahur, artis-artis berpuasa dan sejenisnya.

Saya cuma sekali menonton program Ramadan di RCTI. Itu pun karena ada Via Vallen yang tampil di Lapangan Albatros Sedati Sidoarjo. Kebetulan malam itu saya melintas di kawasan Juanda Airport dan jalanan macet.
Oh... Via Vallen pulang kampung. Nyanyi lagu islami + ngaji ayat pendek. Via Vallen kini sudah jadi bintang paling top di Indonesia. Beda banget dengan ketika pertama kali saya liput dia semasa masih ikut orkes lokal di Sidoarjo.

Apa jadinya jika tidak ada Piala Dunia?

Semua televisi pasti ribut soal mudik. Macet panjang di sini, di sana, liputan di bandara, jalan tol dsb. Tradisi lama yang selalu berulang.

Kemudian hiburan yang nyaris klise tentang pernak-pernik hari raya. Liburan yang tahun ini sangat panjang, dua minggu, ikut memperpanjang program-program klise di televisi. Sampai bosan.

Satu bulan puasa + dua minggu Lebaran!

Syukurlah, ada Piala Dunia!
Syukurlah, Trans TV menyiarkan laga-laga Piala Dunia!

Tumben! Trans TV dari dulu tidak punya jejak sepak bola atau olahraga. Acaranya hiburan melulu. Yang tidak pernah saya tonton.

Mulai malam ini saya nonton Trans TV. Khusus balbalan Piala Dunia. Hidup Trans TV!

1 comment:

  1. Piala dunia sepak bola yang saya tonton sampai hari ini cuma Rusia vs Saudi Arabia, Spanyol vs Portugal dan Jerman vs Mexiko. Betul juga gara2 puasa, semua pemain yang ikut puasa kalah.
    Kesatuan Jerman datang ke Rusia dengan motto : Mission Mempertahankan Gelar Juara Dunia, mereka merasa sebagai missionaris, jagoan2 yang dikirim oleh Tuhan. Mungkin semboyan mereka terlalu sombong, sehingga kualat, keok lawan Mexiko.
    Hal lainnya yang mencolok adalah sponsor piala dunia kali ini. Orang2 Eropa bingung, bertanya-tanya : Apa itu; Wanda, Hisense, Vivo, Mengniu ??


    ReplyDelete