03 June 2018

Lupakan mudik lewat laut

Dua pekan menjelang Lebaran, media-media membahas persiapan arus mudik. Bahkan ada koran yang sudah bahas mudik sejak awal puasa. Bikin liputan serial tentang jalan tol dari Jakarta hingga Jawa Timur.

Menteri PU Basuki Hadimuljono yakin arus mudik tahun 2018 ini lebih lancar. Sebab jalan tol sudah tembus ke Pasuruan. Panjangnya 1.167 km. Dari Jakarta hingga Pasuruan. Itulah buah pembangunan infrastruktur yang digalakkan Presiden Jokowi.

Luar biasa! Mudik tahun ini juga diyakini lebih lancar karena libur plus cuti bersama lebih panjang. Dua minggu. Dus, pemudik bisa memilih waktu yang longgar untuk mudik ke kota asalnya. Tidak numpuk pada ruang dan waktu yang sempit.

Sayang, pemerintah masih belum tertarik dengan mudik laut. Tanpa perlu bikin jalan tol yang mahal. Tolnya asli ciptaan Tuhan: laut yang sangat luas. Yang menghubungkan pulau-pulau. Cukup mengerahkan kapal-kapal penumpang dengan fasilitas standar. Tidak perlu terlalu mewah.

Begitulah. Mudik jalur laut memang tidak populer di Indonesia. Khususnya Pulau Jawa yang sangat berorientasi daratan. Silakan ngetes sendiri. Berapa banyak orang Jawa yang pernah naik kapal laut dari Surabaya ke Jakarta (dan sebaliknya)?

Bisa dipastikan tidak sampai dua orang (10 responden). Bahkan nol. Seperti yang saya survei di Sidoarjo beberapa hari lalu. "Gak enak naik kapal laut. Lama. Bisa mabuk di perjalanan," ujar Alfian di Sedati, dekat Bandara Juanda. "Pakai pesawat aja... biar sedikit mahal," katanya.

Tak lama setelah dilantik, Jokowi sering bicara poros maritim. Tol laut. Bikin kuis nama-nama ikan berhadiah sepeda pancal Polygon yang dibuat di Buduran, Sidoarjo. Tapi Jokowi kemudian fokus ke darat. Bikin tol trans Jawa. Untuk mengakomodasi jutaan pengendara mobil pribadi di Pulau Jawa.

Ya wis... lupakan saja mudik laut di Jawa. Itu sih cerita zaman nenek moyang kita yang orang pelaut... gemar mengarungi samudra yang luas. Mungkin saja nenek moyang orang pelaut itu berasal dari Tiongkok.

Haiya... haiya... kamsia!

No comments:

Post a Comment