09 January 2018

Ahok ceraikan istri... wassalam

Tahun 2018 diawali dengan suasana yang muram. Malam pergantian tahun tidak semeriah biasanya. Yon Kowswoyo vokalis Koes Plus yang fenomenal itu berpulang ke pangkuan-Nya pada usia 77.

Selamat jalan Mas Yon, ikon Koes Plus. Seniman yang setia mengabdi seni hingga ajal menjemput. Sulit dibayangkan bakal ada band-band atau penyanyi kita yang bisa bikin lebih dari 100 album. Apalagi di era Youtube yang tidak membutuhkan album fisik.

Masih di awal 2018, Ahok menggugat cerai istrinya Veronica Tan. Ada apa dengan Ahok yang sedang menjalani penjara dua tahun? Hanya Ahok dan Vero yang tahu.

Tak dinyana, nestapa politik yang menimpa Ahok punya implikasi sejauh ini. Kalah pilgub, masuk bui, rumah tangga hancur. Perceraian ini sungguh di luar dugaan kita di luar lingkaran Ahok dan Vero.

Masuk penjara, dengan dakwaan seperti itu, sejatinya tidak akan menghancurkan karir Ahok. Beda kalau kasus korupsi atau mencuri duit rakyat atau rasuah. Nama Ahok justru tetap berkibar.

Sayang, kasus rumah tangga ini membuat Ahok boleh dikata selesai di politik. Sebab orang kita yang konservatif masih melihat seorang pemimpin dari keharmonisan rumah tangganya. Pamor Ahok jelas ambruk setelah menggugat cerai istrinya. Meskipun bisa saja yang salah pihak wanita.

"Seorang pemimpin itu keluarganya harus beres dulu," ujar Jerry yang mantan dosen di Surabaya. "Makanya saya tidak mendukung Prabowo."

Bukankah banyak pejabat kita yang keluarganya juga tidak harmonis? Malah ada pejabat dari parpol yang poligami?

"Betul Bung... tapi mayoritas rakyat tetap menginginkan pejabat yang keluarganya rukun damai sentosa," ujar Jerry yang asli Maluku itu.

Nasi sudah jadi bubur. Kita boleh berharap tapi Ahok yang punya otoritas di keluarganya. Sebagai orang cerdas, jenius, risk taker... Ahok tentu sudah punya 1001 pertimbangan yang dianggap terbaik bagi dirinya, Vero, dan anak-anaknya.

4 comments:

  1. Saya lihat Ahok itu typenya authoritarian. Harus dituruti kemauannya. Untuk mendobrak suatu sistem yang bobrok seperti di Jakarta, bagus. Untuk situasi tertentu, mungkin tidak bagus sehingga kalau istri mau melakukan sesuatu yang tidak sesuai keinginannya, dan berkeras hati, dia gugat cerai. Apakah yang mau dilakukan Bu Veronika? Wallahualam bissawab.

    ReplyDelete
  2. sebetulnya saya gak enak komentarin masalah rumah tangga kayak ahok vero ini. tapi bagaimanapun juga kasus domestik ini punya implikasi terhadap karir ahok sebagai teknokrat yg masih dibutuhkan bangsa ini. eman eman wong tenglang iki... dar der dor terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Urusan pribadi suami-istri memang seharusnya tidak patut dicampuri atau dikomentari oleh ├Ârang lain ! Jadi orang janganlah hanya berkaca, tetapi harus bercermin.

      Delete
  3. Ya memang. Dia kan orang yg keras dalam berprinsip.

    ReplyDelete