19 December 2017

Konser Natal SSO 2017 yang Sederhana

Konser Natal Surabaya Symphony Orchestra (SSO) 2017 malam ini tidak segebyar tahun-tahun sebelumnya. Tidak digelar di hotel berbintang (biasanya Shangri-La), tapi di auditorium SSO Jalan Manyar Rejo I/4 Surabaya. Kapasitasnya tidak sampai 200 tempat duduk.

Mengapa SSO berubah? Bukankah Solomon Tong sejak mengibarkan bendera SSO pada Desember 1996 hanya mau bikin konser besar di hotel berbintang? Penggemar SSO pun sekitar seribu sampai 2.000 orang? Ada apa dengan SSO?

Siang tadi saya mampir ke markas SSO. Sayang, tidak ada Pak Tong di kantor. Pun tidak terlihat kesibukan layaknya persiapan konser di Shangrila. Mbak Mimin, staf SSO, hanya bertugas rutin. Sibuk menjawab panggilan telepon.

Mengapa tidak konser di Shangrila? ''Kondisi Pak Tong kurang memungkinkan. Lagi pemulihan,'' ujar wanita asal Sidoarjo itu.

Solomon Tong alias Tong Tjong An, kelahiran Xiamen, Tiongkok, 20 Oktober 1939, memang sudah sepuh. Meskipun rajin olahraga, makan bergizi, plus jamu-jamu chungkuo, usia yang mendekati 80 memang ikut mempengaruhi irama tubuhnya. Tidak segesit dulu.

''Anaknya yang di Jakarta minta Pak Tong untuk tidak terlalu capek. Banyak istirahat,'' kata Mimin yang kelihatan makin serius dan tegas itu. Padahal dulu Mimin senang guyon dan tertawa. Hehehe...

Kalau kondisinya seperti itu, apakah Pak Tong masih memimpin orkestra? Jadi dirigen? ''Iya lah...,'' jawaban Mimik terkesan kurang meyakinkan.

Saya pun beranjak ke auditorium. Panggungnya kecil saja. Tidak mungkin untuk full orchestra dan paduan suara besar. Ini lebih cocok untuk konser kecil-kecilan. Bukan khas Christmas Concert ala SSO sejak 1996.

Bintang tamunya siapa? Mimin tidak menjawab karena sibuk ngomong di telepon. Biasanya SSO mendatangkan bintang tamu dari Tiongkok atau Eropa. Kadang musisi Indonesia yang tinggal di Eropa.

Saya lihat program konser bertajuk Emmanuel di samping meja resepsionis. Memang tidak ada nama-nama artis seperti biasanya. Bahkan nama Pauline Poegoeh soprano andalan SSO pun tidak tertulis.

Semoga konser di ujung tahun 2017 ini lancar dan sukses.

No comments:

Post a Comment