01 December 2017

Konser Natal SSO 2017 di Manyar Rejo

Bulan Desember datang lagi. Bumi makin basah dua minggu ini. Beda dengan tahun lalu yang kurang basah hingga pekan kedua Desember. Dan... tentu saja mulai masuk Adventus, masa persiapan menyambut Natal.

Bung Ray baru saja kasih tau bahwa Surabaya Symphony Orchestra (SSO) mengadakan konser Natal. Christmas Concert yang digelar orkes simfoni pimpinan Solomon Tong itu digelar pada 19 Desember 2017 pukul 19.00 sampai 21.00. Tempatnya di SSO Auditorium, Jalan Manyar Rejo I/4 Surabaya.

Bisa saya pastikan konser mesti digelar hari Selasa. Kok bukan Jumat Sabtu atau Minggu?

Saya belum tanya ke Bapak Solomon Tong, pendiri sekaligus dirigen SSO yang selalu antusias itu. Selalu lupa kalau sudah ketemu Pak Tong di sekretariat SSO di Urip Sumoharjo, kemudian pindah ke Gentengkali, lalu terakhir punya tanah dan bangunan sendiri di Manyar Rejo.

Yang jelas, sejak dulu saya perhatikan konser-konser besar SSO (Natal, Paskah, dan Kemerdekaan) selalu hari Selasa.

Mungkin kalau diadakan akhir pekan, penggemar musik klasik berada di luar kota. Biasa... liburan bersama keluarga ke Batu, Trawas, bahkan Singapura. Maka Pak Tong sengaja memilih Selasa. Bisa juga Selasa adalah hari baik SSO.

Yang berbeda dari konser-konser sebelumnya adalah tempatnya. Setahu saya baru kali ini tidak diadakan di ballroom hotel bintang lima. Tapi di Auditorium SSO, Manyar Rejo I/4 Surabaya. Mungkin Pak Tong menganggap aula besarnya itu sudah memenuhi syarat akustik untuk pergelaran musik klasik.

Sekadar mengingatkan, SSO pertama kali menggelar konser Natal pada 1996. Sekaligus jadi tonggak berdirinya SSO. Dus, sudah 21 tahun. Luar biasa! Pak Tong mampu menjaga stamina di usia senja dan mampu mempertahankan orkes simfoninya itu. Rutin mengadakan konser besar tiga kali setahun. Non stop!

Konser pertama pada Desember 1996 diadakan di Hotel Westin (sekarang jadi JW Marriott) di Embong Malang. Sempat sekali di Sheraton, kemudian jadi langganan ballroom Shangrila yang memang paling ciamik di Surabaya. Tempat ini juga pas dengan segmen utama penikmat musik simfoni yang jadi target SSO.

Seperti biasa, konser Natal pastilah menghadirkan komposisi yang bernuansa Natal. Paduan suara dewasa, kor anak, lagi solo, hingga piano. Bagi Solomon Tong, yang juga pendiri salah satu sinode gereja Tionghoa, konser Natal sudah merupakan bagian dari ibadahnya untuk menghadirkan musik yang berkualitas kepada masyarakat di Kota Pahlawan.

No comments:

Post a Comment