30 November 2017

Ada alumni unjuk rasa di Indonesia

Lagi ramai di internet rencana reuni alumni 212. Tempatnya di Monas Jakarta. Mereka ini ribuan orang yang tahun lalu unjuk rasa mendesak aparat agar segera menangkap Ahok, yang waktu itu gubernur Jakarta.

Ada yang unik dalam istilah itu: reuni alumni 212. Setahu saya, dan menurut banyak kamus, istilah ALUMNI atau ALUMNUS (tunggal) itu terkait dengan lembaga pendidikan seperti sekolah dasar, sekolah menengah, hingga perguruan tinggi. Setelah lama berpisah, sibuk dengan urusan masing-masing, lalu berkumpul kembali. Namanya REUNI.

Saya pun mengecek kamus besar alias KBBI yang terkenal itu. Ada kata ALUMNI dan ALUMNUS. Deskripsinya: ''orang-orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi''.

Kok bisa orang-orang yang dulu unjuk rasa disebut alumni? Bikin reuni pula? Dan belum setahun sudah bikin reuni? Hehe....

Setahu saya yang namanya reuni sekolah atau kampus itu tunggu bertahun-tahun. Biasanya setelah bekerja, punya anak, bahkan cucu. Lalu kangen-kangenan sejenak. Orang Tionghoa di Jatim setahu saya paling doyan bikin reuni. Khususnya reuni sekolah dasar, SMP dan SMA. Saya berkali-berkali-kali meliput reuni alumni sekolah-sekolah Tionghoa di Surabaya.

Saya sendiri belum pernah ikut reuni sekolah. Mulai SD hingga SMA dan perguruan tinggi. Beberapa teman berencana gelar reuni tapi gagal terus. Dan saya sendiri tidak antusias alias malas ikut reuni karena tidak ada ikatan batin lagi.

Lah... kok ini ada reuni alumni 212 di Jakarta? Opo maneh?

Mungkin suatu ketika kamus bahasa Indonesia perlu menambah keterangan baru di lema ALUMNI. Bahwa ALUMNI tak lagi terbatas pada lembaga pendidikan atau organisasi tapi juga peserta unjuk rasa.

No comments:

Post a Comment