10 August 2017

Ayo kerja! Kerja nyata! Kerja bersama!

Gaya bahasa Presiden Joko Widodo berbeda dengan bahasa pejabat Orde Baru. Juga beda dengan gaya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang masih ada nuansa orba. SBY juga masih kental gaya jenderal angkatan darat.

Jokowi ini gaya bahasanya swasta khas rakyat yang bukan pejabat. Mirip Presiden Gus Dur yang juga sangat komunikatif khas kiai NU. Jokowi tidak sefasih Gus Dur. Maklum, sebelum jadi presiden, setiap hari Gus Dur ceramah di banyak tempat.

Omongan Gus Dur membuat para mahasiswa jelang akhir orba, macam saya, terpukau. Rasanya sangat rugi kalau kita tidak mengikuti ceramah Gus Dur di kota kita atau kota tetangga. Tema-tema keagamaan selalu ditarik jadi masalah sosial politik ekonomi budaya ideologi dsb.

Jokowi bukan presiden yang jago ngomong. Khususnya di awal jadi kepala negara. Tapi lama-lama dia punya kekhasan yang menarik. Naskah pidato tidak selalu dibaca apa adanya. Sering dibaca sedikit lalu improvisasi sendiri. Asyik juga.
Gaya Jokowi yang efisien terlihat dalam tema Hari Kemerdekaan. Sudah tiga tahun ini tema tujuh belasan tidak lagi klise dan panjang lebar. Semuanya pakai kata KERJA. Cocok dengan kabinetnya yang dinamakan Kabinet Kerja.

Tema Hari Kemerdekaan pertama era Jokowi AYO KERJA. Tahun lalu KERJA NYATA. Tahun 2017 ini KERJA BERSAMA. Lengkap dengan logo yang dibuat khusus.

Kita yang bertahun-tahun terbiasa dengan gaya orba pasti pangling dengan tema yang unik itu. Cukup dua kata.

Tema orba dari tahun ke tahun sama saja: DENGAN SEMANGAT PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA, KITA TINGKATKAN KETAHANAN NASIONAL DALAM RANGKA MENCIPTAKAN MASYARAKAT YANG ADIL DAN MAKMUR BERDASARKAN PANCASILA DAN UUD 1945.

Panjang banget. Pola orba ini ditiru presiden-presiden sebelum Jokowi. Rupanya Jokowi orang yang sering berpikir di luar kotak. Lelaki kurus yang semula sering diragukan itu ternyata memberi warna baru di NKRI.

Ayo kerja!
Kerja nyata!
Kerja bersama!

1 comment:

  1. Dulu jaman orba ada group lawak yg mbanyol: marilah kita memasyarakatkan bebek dan membeberkan masyarakat.

    ReplyDelete