14 June 2017

Kanker gerogoti Jupe, Yana, Cak Priyo

Baru saja artis Julia Perez berpulang. Kanker serviks stadiun akhir. Dokter sudah lama angkat tangan. Jupe meninggalkan kita dengan segala kenangan manis, pahit, kecut. Jadi ingat lagu Belah Duren yang asal jadi itu.

Sebelum Jupe menyerah, artis lawas Yana Zein juga meninggal dunia. Kanker parah. Sempat ke Tiongkok tapi gagal diatasi. Pura-pura sehat di depan wartawan, senyum manis, dandan cantik... eh besoknya wassalam.

Kematian Yana yang biasa jadi pemeran antagonis sempat ramai di internet. Bukan bahas kanker dan kiat-kiat mengatasi wabah kanker, gaya hidup, pola makan dsb, tapi... agama.

Yana yang awalnya mau dimakamkan secara kristiani, tiba-tiba didatangi bapaknya. Pak Nurjaman ngotot agar anaknya dimakamkan secara muslim. Bapak ini tidak tahu kalau Yana sudah punya jalan lain sejak orang tuannya bercerai. Saat itu Yana masih SMP alias belasan tahun.

Syukurlah, ibunda Yana yang berdarah Rusia dan Ortodoks mengalah. Ribut-ribut soal SARA tidak membesar. Toh ini bukan pilkada. Jenazah Yana hendak pergi ke liang lahat. Bukan ikut pilkada di Jakarta.

Sebelum Yana, seniman teater, pelawak, dan presenter terkenal di Surabaya/Sidoarjo Priyo Aljabar berpulang. Pelawak grup Galajapo ini ternyata diam-diam menyimpan sel kanker di perutnya. Ususnya digerogoti.

Rongga perut untuk menyimpan makanan tidak ada. Akibatnya, Cak Priyo tidak bisa makan. Tubuhnya yang dulu gemuk jadi tinggal tulang. Perutnya yang menggelembung. Saya yang dekat Cak Priyo, sering cangkrukan, diskusi, tak tega melihat kondisinya. Meskipun sempat besuk tiga kali ke rumahnya di Jenggolo Sidoarjo.

Akhirnya... Cak Priyo meninggal dunia. Dimakamkan dinihari. Maaf Cak, saya tidak sempat mengantar karena malam itu saya berada di kawasan pegunungan Trawas. Saya hanya bisa berdoa di depan makam Sampean di dekat sungai di Pucang Sidoarjo itu.

Rupanya kanker menjadi ancaman serius bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya artis atau selebritis, siapa saja bisa terinfeksi. Karena itu, rencana Ahok untuk membangun hospital khusus kanker di Jakarta patut didukung penuh.

Sayang, Ahok lagi nyantri di ruang tahanan.

3 comments:

  1. Maaf, Pak. Kanker itu tidak bisa menginfeksi, karena bukan penyakit menular yg disebabkan oleh virus atau bakteria. Kanker itu karena mutasi sel tubuh yang mengakibatkannya menjadi ganas mendesak dan merusak sel2 tubuh yang lain di sekitarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur nuwun atas penjelasan sampean. Maksud saya memang begitu. Ini sekaligus koreksi.

      Delete
    2. Dalam kasus kanker tertentu, misalnya kanker rahim yang diderita Jupe, sel2 serviks sering bermutasi krn disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Jadi, kankernya sendiri bukan infeksi, tetapi mutasi selnya disebabkan oleh adanya virus yang menginfeksi sel2 sekitarnya.

      Maka itu, ikuti vaksin (utk perempuan) anti HPV, dan paksalah pasangan anda untuk memakai kondom, karena anda tidak tahu jika pasangan anda suka "jajan".

      Delete