11 April 2017

Pekan Suci Tahun Ini Lebih Longgar

Tak terasa umat Katolik sudah masuk pekan suci. Ada 3 hari penting yang tidak boleh dilewatkan: Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci.

Misa atau ekaristi selalu diadakan sore atau malam hari. Bagaimana kalau kita kerja malam? Tidak bisa libur atau cuti? Ini memang masalah di Jawa. Sebab orang Jawa, kecuali yang Katolik, tidak kenal pekan suci, kamis putih, jumat agung, paskah dsb.

Beda dengan di NTT, khususnya Flores dan Lembata, yang pekan suci dinyatakan sebagai hari libur. Maka saya selama bertahun-tahun tidak bisa ikut Kamis Putih. Maklum, setiap kali pulang kerja malam hari misa sudah selesai. Tidak bisa menikmati Ubi Caritas est Amor atau Pange Lingua Gloriosi - pengalaman masa kecil yang sulit dilupakan.

Puji Tuhan, rupanya tahun ini jadwal pekan suci di Sidoarjo lebih ramah untuk orang-orang yang kerjanya malam hari. Barusan saya mampir di Gereja Katolik Maria Annuntiata Jalan Monginsidi 13 Sidoarjo.

Wow, misa Kamis Putih sesi kedua pukul 21.30. Rasanya pas lah. Jarak kantor dengan gereja hanya sekitar 7 menitan. Selama ini semua pekerjaan beres di bawah 21.00. Beda dengan di Surabaya dulu yang pukul 22.00 belum tuntas.

Jadwal Sabtu Suci lebih longgar lagi: pukul 22.00. Pasti lebih aman. Jumat Agung juga sangat aman (untuk kita yang tidak kenal tanggal merah) karena sesi pertama jam 12.00.

Rupanya baru tahun ini Jumat Agung di Kota Sidoarjo dibuat tiga sesi. Sejak dulu biasanya dua sesi, yakni jam 15.00 dan 18.00.

Melihat jadwal pekan suci di halaman gereja, saya pun senyam-senyum sendiri. Wow, saya bisa mengikuti Triduum atau trihari suci secara penuh. Selama bertahun-tahun saya hanya bisa ikut Jumat Agung dan Sabtu Suci.

Selamat pekan suci!
Selamat menyambut Paskah untuk umat kristiani di mana saja!

1 comment: