18 April 2017

Akhirnya dapat lagu-lagu seriosa di YouTube

Luar biasa era digital ini. Beberapa menit lalu saya mengunduh 20 lagu seriosa Indonesia di warkop perbatasan Surabaya-Sidoarjo. Gratis. Cukup bayar kopi segelas plus pisang goreng dua biji. Internet free.

Ada 15 lagu seriosa lama yang dibawakan Christopher Abimanyu, tenor terbaik yang dipunyai Indonesia. Cintaku Jauh di Pulau, Wanita, Bintang Sejuta, Embun.... Sebagian nomor seriosa ini saya hafal karena memang sangat populer di tanah air.

Sekitar 10 tahun saya mencari album seriosa bung Abimanyu ini di Surabaya, Malang, Sidoarjo, tapi tidak ketemu. Saya juga sempat kontak langsung Abimanyu yang beberapa kali saya tulis kiprahnya di surat kabar dan blog.

'Coba hubungi manajemen saya karena CD-nya terbatas,' kata penyanyi yang beberapa kali juara bintang radio dan televisi jenis seriosa itu. Saking seringnya juara, Abimanyu dilarang ikut lomba nyanyi yang pernah sangat populer di Indonesia itu. Belakangan Abimanyu sering jadi juri atau kasih master class teknik vokal klasik di berbagai kota.

Nah, ternyata manajemen pun tidak bisa membantu. Saya pun melupakan album itu. Cari di YouTube cuma ada 4 lagu Abimanyu yang diunggah (upload). Maklum, tidak banyak peminat seriosa di Indonesia.

Baru pagi tadi saya iseng mengetik seriosa Indonesia di YouTube. Wow... lagu-lagu Christopher Abimanyu yang saya inginkan itu muncul semua. Lengkap dengan foto Inne Lopulisa pianis yang mengiringi Abimanyu. Eureka.....

YouTube memang menjawab hampir semua pertanyaan saya tentang musik. Asal ada orang yang mengunggah lagu atau video ke YouTube maka seisi dunia bisa menikmatinya. Tidak perlu capek-capek ke toko CD/VCD yang hampir pasti tidak punya stok lagu-lagu seriosa ala Christopher Abimanyu.

Namun, saya juga prihatin dengan para musisi macam Christopher Abimanyu ini. Sebab kerja kerasnya tidak mendapat insentif alias uang. Beda kalau kita membeli kaset atau CD di toko yang resmi.

Mudah-mudahan ke depan ada solusi yang menguntungkan para musisi di era digital yang serba bebas dan mudah ini.

No comments:

Post a Comment