13 March 2017

Terima Kasih Baginda Raja Salman

Terima kasih Raja Salman yang sudah mengunjungi Indonesia. Sang Baginda berlibur cukup lama di Bali. Saking senangnya, penguasa Arab Saudi ini memperpanjang masa liburnya dua hari pulau dewata itu.

Fenomenal. Saya rasa belum ada kepala negara asing yang berlibur hampir dua minggu di Indonesia. Biasanya cepat-cepat balik karena banyak urusan kenegaraan sudah menanti. Makanya banyak kepala negara/pemerintahan yang tidak sampai bermalam di Indonesia.

Kehadiran Raja Salman di tanah air juga membuktikan bahwa Arab Saudi ternyata tidak seekstrem yang kita bayangkan selama ini. Raja Salman justru bertemu dengan pimpinan berbagai agama. Malah ngobrol akrab pakai bahasa Arab dengan seorang pastor SVD asal Flores di Bali.

Mengapa Raja Salman justru memilih berlibur begitu lama di Bali? Pulau yang mayoritas penduduknya Hindu? Kok bukan jalan-jalan ke Aceh atau Minangkabau yang islamnya lebih kental?

Ini juga menarik. Sekaligus membungkam Munarman dari FPI yang beberapa waktu lalu menyerang para pecalang di Bali dengan tuduhan miring. Bali kembali membuktikan diri sebagai pulau wisata ternyaman di dunia. Raja Salman mau menambah waktu liburnya itu luar biasa.

Kadang-kadang orang Indonesia, khususnya yang merasa alam dan sangat islami, merasa lebih Arab ketimbang wong Arab. Lihat saja tulisan di pesawat Saudi Arabian Airlines yang membawa rombongan Raja Salman: GOD BLESS YOU.

Kata-kata God Bless You sudah lama dianggap tidak islami oleh orang-orang Indonesia yang merasa alim. Mereka ganti GOD dengan ALLAH. Jadilah ALLAH BLESS YOU. Lah, kok Kerajaan Arab Saudi yang katanya beraliran wahabi malah pake God Bless You?

Seandainya Baginda Raja Salman berulang tahun di Indonesia, saya yakin pengguna media sosial di sini akan mengucapkan Happy MILAD to King Salman! Kata BIRTHDAY sudah lama dihapus oleh orang-orang alim di Indonesia karena dianggap tidak islami.

Tapi saya tetap yakin orang-orang Saudi menggunakan frase bahasa Inggris yang lazim Happy Birthday to HE King Salman!

Sekali lagi, terima kasih dan selamat jalan Raja Salman! Kunjungan Baginda sudah memberi makna yang sangat dalam baik eksplisit maupun (terutama) implisit bagi kami di Indonesia.

2 comments:

  1. sukaaaakkkkk banget sama tulisannya bang.....

    ReplyDelete
  2. Hehehe... iki cuman guyon maton wae Ning. Sambil belajar ngetik pake dua jempol di HP android sambil ngopi2. Soalnya tanganku belum biasa pake kibod virtual. Terlalu lambat dan banyak salahnya. Makanya tulisan2 gak bisa panjang. Salam sehat!

    ReplyDelete