03 February 2017

Iklan pasta gigi era 1950an

Cukup banyak produk yang bisa bertahan di pasar dari generasi ke generasi. Bagaimana cara mengetahui produk-produk tua itu? Gampang banget. Cukup buka majalah atau koran tempo doeloe.

Lalu lihatlah iklan-iklannya. Sudah pasti hitam putih. Sebab pada tahun 1930an belum ada teknik cetak warna seperti sekarang. Iklan-iklan lawas biasanya menggunakan gambar sketsa.

Salah satu iklan yang sangat sering muncul di media-media lawas adalah PEPSODENT. Pasta gigi ini ternyata sudah terkenal jauh sebelum Indonesia merdeka. Saya perhatikan kata-kata iklan di majalah Terang Bulan edisi Februari 1959. Wow... rupanya kata-kata bujukan PEPSODENT masih mirip dengan sekarang.

Di era modern ini Pepsodent bukan sekadar bisa bertahan, tapi juga masih memimpin pasar pasta gigi. Mulai dari kota besar macam Surabaya atau Jakarta hingga ke pelosok NTT pasta gigi ini masih paling diminati masyarakat.

1 comment:

  1. Era tahun 50-an pasta gigi yang terkenal hanya 2 merek, yaitu Pepsodent dan Prodent. Tetapi saya juga mengalami, banyak rakyat indonesia yang menggosok gigi dengan serbuk batu bata atau dengan abu. Odol yang dikemas dalam tube, waktu itu biasanya dikonsumsi oleh kalangan menengah keatas.
    Untuk rakyat jelata ada odol berupa sabun yang dikemas dalam kotak seng bunder ( umplung ).

    ReplyDelete