19 January 2017

Pidato menteri dibatasi 7 menit

Presiden Jokowi bikin kebijakan yang bagus untuk urusan pidato. Ia membatasi pidato menteri paling lama 7 menit. Tentu pejabat-pejabat lain juga perlu menyesuaikan. Ini bukan sekadar imbauan tapi ada semacam surat keputusan resminya.

Saya yang kurang suka pidato-pidato-pidato panjang (kecuali Bung Karno dan Gus Dur) sangat setuju gebrakan kecil Jokowi ini. Sebab banyak sekali pidato atau sambutan atau pengarahan dsb yang tidak berisi. Cuma omongan basa-basi aja.

Yang justru enak dikutip itu ketika sang pejabat bicara spontan. Tidak membaca teks yang biasanya disusun orang lain. Isinya klise, banyak jargon, tidak konkret. Sulit dijadikan berita. Makanya wartawan-wartawan biasanya tidak puas. Harus wawancara lagi agar pernyataan si pejabat lebih nendang.

Pidato di Indonesia sering bertele-tele karena salam dan pembukaannya terlalu panjang. Bagian isi malah tidak jelas. Data dan informasinya sangat kurang. Beda dengan pidato Bung Karno yang ditulis sendiri dan dirancang layaknya materi kuliah umum. Tapi ya tetap saja membosankan kalau sang proklamator ini berpidato pada 2017.

Sebelum ada kebijakan pidato maksimal 7 menit dari Presiden Jokowi, sebetulnya sudah ada menteri yang pidato-pidatonya selalu singkat dan enak. Siapakah dia? Dahlan Iskan.

Ketika masih jadi menteri BUMN, Pak Dahlan bahkan sering pidato singkat sesingkat-singkatnya. Mungkin tidak sampai 3 menit. Salam dan doa-doa pembukaannya pun tidak lama.

Suatu ketika Pak Dahlan yang menteri BUMN dan Menteri Pendidikan M Nuh membuka sebuah acara di Surabaya. Setelah sambutan ketua panitia, giliran Menteri Nuh pidato. Cukup panjang dan detail. Bicara tentang kualitas manusia dsb dsb.

Lalu giliran Pak Dahlan. Setelah assalamualaikum dsb, menteri BUMN ini berkata, "Pidato saya sama persis dengan Pak Nuh. Apa yang ingin saya sampaikan sudah disampaikan oleh Pak Nuh. Maka sekian saja pidato saya. Assalamualaikum...."

Ribuan masyarakat di Taman Surya bertepuk tangan dan tertawa riuh. Bukan main Pak Dahlan! Selalu punya ide dan action yang tidak terduga.

No comments:

Post a Comment