18 January 2017

John Seme penyanyi top NTT



Tidak banyak penyanyi asal NTT yang mencuat di belantika musik pop nasional. Kalaupun ada bisa dihitung dengan jari. Dulu ada Obbie Messakh dan Ingrid Fernandez. Sekarang? Sepertinya tidak ada. Atau mungkin saya yang ketinggalan informasi tentang industri musik. 

Belum lama ini saya kebetulan mendengar suara JOHN SEME di ruang tunggu Bandara Juanda. Suaranya khas, melankolis, merdu dan bersih. Sedikit mirip Obbie Messakh yang sama-sama asli Rote, pulau kecil paling selatan NTT. Keduanya juga sama-sama pintar bikin lagu-lagu manis melankolis.

Bedanya, kalau Obbie ada suara sengau dan sedikit fals, John Seme ini merdu banget. Cocok dengan selera musik orang NTT yang memang suka lagu-lagu slow dan manis. 

Nah, lagu Langit Masih Biru John Seme mengingatkan saya pada bumi NTT, tempat kelahiran saya. "Enak sekali Bung," ujar seorang laki-laki menjawab pertanyaan saya mengapa dia begitu menikmati John Seme.

Padahal lagu LANGIT MASIH BIRU ini dirilis JK Records Jakarta pada 1993. Sudah lama sekali. Tapi masih disimpan di HP dan dinikmati sambil menunggu pesawat ke Kupang yang delayed cukup lama. "Orang kita memang cocok dengan lagu-lagu Obbie Messakh, Pance, John Seme," kata bung Thomas. 

Dia heran mengapa lagu-lagu koplo sangat digandrungi di Jawa, khususnya Jatim. Padahal musiknya kurang harmonis dan lebih memojokkan goyang erotis. "Beda selera Bung. Sebaliknya orang Jawa juga heran mengapa hari gini Bung masih putar John Seme. Hehe..," kata saya.

John Seme boleh dikata tidak dikenal di Jawa meskipun kaset-kasetnya dirilis JK Records yang waktu itu masih ngetop. Tapi di NTT bung John ini penyanyi top yang awet sampai sekarang. Selain pop manis, dia bikin rekaman lagu rohani  (gospel) dan lagu-lagu daerah NTT, khususnya Rote.

John Seme sempat kolaborasi dengan Obbie Messakh dan Deddy Dores, sesama penyanyi dan komposer sealiran. Ini juga sangat digemari orang NTT karena liriknya pakai bahasa Melayu Kupang. 

Syukurlah, di era internet ini rekaman-rekaman lama John Seme tersimpan di Youtube. Maka saya pun bisa menikmati lagu pop lawas itu. Sambil nyeruput kopi pahit sedikit gula!

LANGIT MASIH BIRU
Vokal: John Seme

Jangan buang air gula 
kalau memang kau tak suka 
Jangan buang air mata 
Hanya karena putus cinta 

Laut masih biru 
Langit masih tinggi 
Masih ada aku
Yang ada di sini

Janganlah kau simpan suka
Kenangan boleh kau simpan
Jangan lagi kau sesalkan
Cintamu yang kini hilang
Laut masih biru....

Jangan biarkan 
Yang lalu biarlah berlalu 
Jangan biarkan
Duka hatimu
Kini ku datang 
membawa cinta untukmu

Cintaku bukan cinta palsu
Cintaku hanyalah untukmu 

No comments:

Post a Comment