26 December 2016

Kwan Im Kiong Pamekasan jadi jujukan anak muda

Sepanjang hari ini banyak sekali anak-anak muda dari Pamekasan dan Sumenep mengunjungi Kelenteng Kwan Im Kiong di pantai Talangsiring Pemakasan Madura. Rombongan yang sebagian besar remaja putri, pake jilbab tentu, asyik berfoto di depan tempat ibadah Tridarma yang lebih dikenal sebagai Vihara Avalokitesvara itu.

Dari pagi sampai sore, para pengunjung memanfaatkan hari libur untuk menikmati salah satu tempat wisata warga Tionghoa di Jawa Timur itu. "Setiap hari selalu ramai. Anak-anak muda itu senang foto bareng dan selfie di sini," kata Pak Widodo yang sudah 21 tahun bekerja di kelenteng ini.

Generasi muda Madura itu juga asyik mengamati sejumlah arca khas Tionghoa di dalam kelenteng. Apalagi kompleks ini terbilang unik. Ada lithang untuk Konghucu, kelenteng Taoisme, wihara Buddhis, dan pura untuk umat Hindu. Ada juga musala untuk umat Islam yang ingin salat.

Rombongan Tionghoa juga ada. Tapi tidak banyak. Saya cuma melihat satu rombongan dari Jakarta tujuh orang. Menurut Pak Widodo, liburan Natal ini tidak banyak orang Tionghoa yang datang berkunjung ke Kwan Im Kiong. Tahun baru juga sedikit.

"Yang banyak justru anak-anak muda yang muslim," ujar bapak asal Malang ini seraya tersenyum.

Kemungkinan pengunjung bakal lebih banyak pada tahun baru Imlek yang jatuh pada 27 Januari 2017. Namun pihak kelenteng tidak bikin acara khusus.

Kwan Im Kiong Pamekasan sejak dulu hanya bikin acara besar tiga kali setahun untuk menghormati Dewi Kwan Im. Yakni bulan 2, 6, dan 9 penanggalan Tionghoa. Tanggalnya sama-sama 18. Di tiga event besar ini biasanya ribuan orang Tionghoa dari berbagai kota tumplek blek di sini.

Ada penginapan yang bisa menampung ribuan orang. Gratis.

No comments:

Post a Comment