03 November 2016

Paroki Mojorejo Blitar jadi paroki ke-44 di Keuskupan Surabaya

Keuskupan Surabaya ketambahan satu paroki baru: Paroki Santo Fransiskus Asisi di Mojorejo, Kabupaten Blitar. Peresmian dilakukan dalam ekaristi yang dipimpin Uskup Surabaya Mgr Vincentius Sutikno Wisaksono pada awal Oktober 2016.

Dengan demikian, saat ini Keuskupan Surabaya memiliki 44 paroki. Sekitar 2000 orang datang menghadiri peristiwa bersejarah di Mojorejo ini. Sekitar 40 pastor tumplek blek bersama umat Katolik setempat. Bupati Blitar dan pejabat-pejabat lain tak ketinggalan.

Jauh sebelum jadi paroki, Stasi Mojorejo sangat terkenal di Jawa Timur. Umat Katolik yang mayoritas petani dikenal sangat religius dan selalu merawat budaya Jawa. Kesenian wayang kulit sangat hidup. Begitu pula kesenian-kesenian tradisional Jawa lainnya.

Panggilan imamat pun tergolong subur. Saat ini tercatat 14 romo berasal dari Mojorejo. Belum suster dan frater calon imam yang masih dalam masa formasi di seminari rendah dan seminari tinggi. Karena itu, sudah sangat layak Stasi Mojorejo dinaikkan statusnya sebagai paroki. Setelah uji coba atau kuasi paroki selama tiga tahun.

Jumlah umat Katolik sekitar 2.310 jiwa. Tersebar di Mojorejo dan sembilan stasi: Bejirejo, Tugurejo, Wonorejo, Mirigede, Sidorejo, Gondangtapen, Sekargading, Sumberejo, dan Jolosutro.

Selamat untuk Paroki Mojorejo Blitar! Semoga benih iman dan panggilan makin subur setelah jadi paroki ke-44.

No comments:

Post a Comment