20 August 2016

All China Final vs All Tiongkok Final

Lin Dan kalah. Jago badminton asal Tiongkok itu gagal menambah koleksi medali emas olimpiade di Brasil. Di dua olimpiade sebelumnya Lin Dan, pebulutangkis yang aku suka, mencium emas.

Mungkin inilah akhir era sang Super Dan. Usia memang sukar dilawan bukan? Lee Chong Wei yang sama-sama tua yang mengakhiri petualangan Lin Dan di olimpiade.

Berita kekalahan Lin Dan sih sudah aku baca di internet. Maka tidak kaget ketika baca koran pagi sembari ngopi dan makan pisang goreng di kawasan Tambakoso Waru Sidoarjo. Yang bikin saya geli adalah judul berita: CHONG WEI GAGALKAN TIONGKOK FINAL.

Hehe... Rupanya teman kita sang redaktur ini kebablasan mengganti CHINA dengan TIONGKOK. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memang membuat kepres untuk "mengembalikan" istilah Cina menjadi Tiongkok. Sesuai keinginan para tokoh Tionghoa di tanah air.

Istilah CINA tanpa H dianggap kasar dan punya konotasi merendahkan warga keturunan Tionghoa. CHINA yang pakai H dianggap netral. Sesuai ejaan dalam bahasa Inggris.

Ini semua ekses peristiwa pahit tahun 1965. Jauh sebelum keputusan Presiden SBY, bos Jawa Pos sudah lebih dulu membuat semacam SK lisan. Intinya semua koran di bawah manajemen Grup Jawa Pos dianjurkan menggunkakan istilah Tiongkok untuk negara Zhongguo alias China. Bisa juga pakai RRT: Republik Rakyat Tiongkok.

Tentu saja istilah Tiongkok itu hanya cocok untuk konteks Indonesia. Itu pun lebih berbau Hokkian alias Fujian, provinsi sebagian besar leluhur warga Tionghoa di sini. Tak heran di internet banyak orang Tionghoa yang justru menolak istilah Tiongkok dan Tionghoa. Salah satunya Jaya Suprana bos Jamu Jago dan Museum Rekor Indonesia (Muri).

Istilah Tiongkok dan Tionghoa ini tentu saja tidak pas untuk konteks bahasa Inggris. Istilah ALL CHINA FINAL tidak bisa diganti dengan ALL TIONGKOK FINAL. Orang Amerika atau Inggris dan negara-negara lain pasti tidak paham Tiongkok.

Ini namanya kebablasan. Maksud hati menghindari kata CINA, malah membuat pembaca geli sendiri. Nama tumbuhan petai cina tentu tak bisa diubah menjadi petai tiongkok. Tinta cina ya tinta cina. Bukan tinta tiongkok.

Begitu.

No comments:

Post a Comment