16 July 2016

Ririt Surya Duta Bandara Juanda 2016

Namanya cukup panjang: Muryati Suryaning Pungkasari. Tapi gadis asal Pasuruan ini biasa disapa Ririt Surya. Di musim arus mudik Lebaran ini Ririt betugas di Bandara Internasional Juanda Surabaya di kawasan Sedati Sidoarjo.

Meski bertugas di airport, Ririt bukan karyawan PT Angkasa Pura I atau maskapai penerbangan. Gelar resminya Duta Bandara Juanda 2016. Ada empat duta bandara - semuanya nona manis - yang bertugas giliran di Bandara Juanda.

"Saya tugas dari pagi sampai jam tiga sore," ujar Ririt kepada saya kemarin. Di ruang khusus Tourist Information Center itu Ririt sibuk membaca informasi di laptopnya. Informasi tentang penerbangan dan pariwisata.

Saya sendiri kaget kok ada duta bandara yang pakai sabuk ala duta wisata di Bandara Juanda. Dulu-Dulu-dulu tidak pernah ada. Nah, Ririt mengakui duta bandara ini memang program baru dari PT Angkasa Pura I. Semua bandara di lingkungan Angkasa Pura I mulai awal Juni 2016 dimeriahkan dengan duta bandara kayak Ririt Surya ini.

"Waktu itu ada pengumuman, saya coba daftar. Alhamdulillah, lolos terus sampai babak final di Bali. Saya terpilih sebagai duta persahabatan," tutur mahasiswa semester akhir Universitas Malang ini.

Selain wawasan kendaraan, para duta bandara ini tentu dituntut kemampuan bahasa Inggris aktif. Sebab mereka harus menghadapi penumpang internasional yang sewaktu-waktu. Penampilan fisik jelas oke. Tinggi dan berat seimbang. Cakep. Komunikatif.

Yang tak kalah penting, kata Ririt, pengetahuan tentang pariwisata di Jawa Timur. Sebab Bandara Juanda di Sidoarjo ini merupakan pintu masuk Jawa Timur. Ririt dan tiga temannya pun harus mempelajari objek wisata di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

"Beda dengan Cak Ning Surabaya atau Surabaya yang hanya mendalami pariwisata di kabupatennya thok," kata Ririt yang juga duta wisata Kabupaten Pasuruan. Dia juga ikut Raka-Raki Jatim sehingga wawasannya tentang pariwisata Jawa Timur memang di atas rata-rata.

Berbeda dengan duta wisata, yang hanya bertugas dalam kegiatan terbatas di lingkungan pemerintah kabupaten/kota, bahkan lebih banyak nganggurnya, Ririt Surya dan tiga rekannya ngantor di Bandara Juanda empat hari seminggu. Satu duta bandara di terminal 1, satu lagi di terminal 2. Kemudian gantian sama temannya sore.

Kok kayak karyawan bandara? Apa kamu dapat bayaran? Ririt pun tersenyum. "Alhamdulillah, adalah," ujarnya seraya tersenyum manis.

Suka dukanya? Ririt bilang lebih banyak suka daripada duka jadi duta bandara. Bisa mengenal banyak orang dengan karakter yang berbeda, logat dan asal usul yang berbeda, punya banyak teman baru, dan pengalaman kerja yang tak dimiliki gadis-gadis seumuran. Juga kenal dengan orang-orang penting di Angkasa Pura selaku pengelola bandar udara.

Ini semua menjadi modal bagi Ririt untuk membangun karir setelah lulus nanti. Ngobrol dengan duta bandara seperti Ririt ini memang asyik. Tapi saya harus tahu diri karena dia harus melayani pertanyaan-pertanyaan penumpang yang butuh informasi.

Maka, saya pun pamit dan mengucapkan terima kasih. Good luck Ririt!

3 comments:

  1. Kok pake duta duta segala. Di Taiwan, Korea, selalu ada information center, gratis. Bisa tanya segala macam dr tiket bis sampai bikin password layanan wifi. Duta duta itu hrsnya karyawan tetap.

    ReplyDelete
  2. Di Indonesia memang sudah lama ada pemilihan putri2 dan duta2 untuk remaja2 khususnya gadis2 ayu. Yang paling standar itu duta wisata. Setiap kota punya julukan duta wisata yg khas. Cak Ning Suroboyo. Guk Yuk Sidoarjo. Gus Ning Gresik. Raka Raki Jatim.

    Setelah ada duta wisata, kemudian dibuatlah duta2 yg lain. Duta lalu lintas. Duta antinarkoba. Duta perpustakaan. Duta bandara ini baru diadakan awal Juni 2016 jelang bulan puasa.

    Biasanya cuma duta wisata yang jadi agenda tahunan sejak era orde baru. Duta2 lain belum melembaga. Cuma tergantung selera pimpinan aja. Kalau pimpinan angkasa pura gak suka duta bandara ya tahun depan gak akan ada pemilihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah ya itu. Hrsnya information center itu dilayani oleh karyawan tetap bukan yg musiman.

      Delete