22 March 2016

Budaya Mahasiswa NTT di Jawa

Pola pergaulan mahasiswa asal NTT rupanya menarik perhatian Nurcholis Sunuyeko. Kebetulan Pak Nur rektor IKIP Budi Utomo, Malang. Cukup banyak mahasiswa NTT yang kuliah di kampus itu.

"Mahasiswa NTT itu unik. Punya pola pergaulan yang khas," katanya.

Sekejap kelihatan sedikit eksklusif tapi sebetulnya luwes. Mudah bergaul dengan sesama mahasiswa maupun penduduk tempatan.

Maka, ketika mengambil program doktoral, pak Nur pun meneliti pola pergaulan perantau-perantau muda asal Flores Sumba Timor dan Alor alias Flobamora di Kota Malang. Oh ya.. Nusa Tenggara Timur lebih populer disebut Flobamora oleh orang NTT sendiri. Ada lagu "kebangsaan" berjudul Flobamora yang sangat terkenal.

Hasilnya? Menurut Nurcholis, mahasiswa NTT biasanya pada satu semester awal masih suka bergaul dengan kelompok sendiri. Setelah itu mereka akan berbaur dengan mahasiswa dari luar daerahnya.

Orang NTT pun cepat beradaptasi dengan budaya setempat. Termasuk mulai membiasakan diri belajar bahasa Jawa meski tidak mudah. Apalagi bahasa Jawa punya ragam kasar hingga sangat halus.

Proses adaptasi mahasiswa asal Flobamora tidak membutuhkan waktu lama. Berdasar pengalamanku, mahasiswa NTT biasanya segera mencari indekos baru di berbagai tempat. Tidak lagi bersama orang-orang-orang sedaerah. Mereka hanya bertemu sesekali di gereja, kampus, atau acara lain yang jarang digelar.

Ini pula yang menyebabkan ikatan-ikatan keluarga NTT di Jawa (biasanya tiap kabupaten bikin perkumpulan) tidak sesolid perkumpulan dari Batak atau Toraja atau Minangkabau. Bahkan acara Natal bersama atau Paskah masyarakat NTT sulit diadakan di Jawa.

"Kita kan sudah adakan di gereja masing-masing," begitu alasan teman. Arisan-arisan keluarga NTT pun buyar satu per satu.

Singkatnya, Nurcholis akhirnya dinyatakan berhak mendapatkan gelar doktor ilmu sosial. "Sangat memuaskan," kata Prof Dr Anwar Sanusi, ketua tim penguji.

Nurcholis menjadi doktor ke-200 yang dihasilkan Universitas Merdeka Malang. Salah satu kampus yang sejak dulu menjadi jujukan mahasiswa NTT selain Widya Karya Malang dan Dharma Cendika Surabaya.

No comments:

Post a Comment