15 January 2016

Iklan Lifebuoy tahun 1960an

Usia sabun Lifebouy ternyata sudah tua banget. Dan terkenal sejak dulu. Kemarin saya iseng buka majalah tahun 1960an di perpustakaan milik Oei Hiem Hei di Medokan Ayu Selatan Surabaya. Hehe... ada iklan sabun mandi langganan saya ini satu halaman.

Teknologi percetakan saat itu masih sangat sederhana. Majalah Minggu Pagi terbitan Jogjakarta (grup Kedaulatan Rakyat) yang muat iklan Lifebuoy ini masih hitam putih. Jauh berbeda dari sistem sekarang yang serba komputer dan canggih.

Tapi di balik kesederhanaan itu, saya melihat keindahan di balik iklan sabun mandi ini. Pakai sketsa. Mirip ilustrasi cerpen di koran sekarang. Pesannya juga bisa ditangkap dengan jelas.

Saat ini, era 2000an, kayaknya hampir tidak ada lagi iklan pakai sketsa. Tahun lalu Pertamina menggunakan sketsa untuk iklan sosialisasi BBM bersubsidi. Selain itu hampir tidak ada.

Di era audiovisual kayaknya orang tak lagi percaya pada kekuatan gambar. Apalagi yang hitam putih. Para pelukis yang fokus pada sketsa pun makin sedikit. Kecuali pelukis-pelukis sepuh macam Tedja Suminar di Surabaya yang gambar hitam putihnya dihargai puluhan, bahkan ratusan juta.

No comments:

Post a Comment