30 September 2015

Cascade Trio Mampir di Sidoarjo




Sangat jarang ada workshop musik klasik di Sidoarjo. Karena itu, kehadiran Cascade Trio di kawasan Pondok Candra, Kecamatan Waru, Ahad 27 September 2015, disambut antusias kalangan musisi, guru musik, maupun penggemar musik klasik dari Sidoarjo dan Surabaya.

Tak sedikit remaja belasan tahun mengikuti master class yang dengan tentor tiga personel Cascade, yakni Danny Ceri (biola), Ade Sinata (cello), dan Airin Efferin (piano). Mula-mula Efferin menceritakan secara singkat pengalamannya bergabung dalam musik kamar (chamber music) bersama dari rekannya lulusan Insitut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta itu. Sebagai pianis yang terbiasa bermain, Efferin harus belajar untuk bermain bersama dengan Ade dan Danny. "Sering berantem, tapi asyik," katanya.

Ade Sinata megakui sulitnya membentuk trio, kuartet, atau orkestra besar di Indonesia. Namun, dia gembira melihat antusiasme anak-anak muda di tanah air, bahkan murid-murid sekolah dasar, yang belajar bermain musik dan terus berlatih. Hanya saja, dia meminta para musisi muda di Sidoarjo agar tak henti-hentinya belajar, belajar, dan belajar. Juga tidak segan-segan bertanya kepada para senior.

"Tidak mungkin kita yang latihannya angin-anginan bisa jadi musisi kelas dunia," kata Ade seraya tersenyum.

Ketiga personel Cascade Trio kemudian secara bergantian memberikan evaluasi kepada tujuh musisi muda Sidoarjo dan Surabaya. Yakni dua pianis remaja, seorang gadis penggesek biolin, dan empat pemusik gesek yang tergabung dalam string quartet. Cukup banyak masukan yang disampaikan Afferin dan kawan-kawan. Mulai dari posisi duduk, sikap tubuh sebelum bermain musik, hingga penguasaan score atau partitur. Ini karena beberapa pemusik belum menghafal komposisi yang akan dimainkan. Sehingga fokus perhatian mereka hanya tertuju ke partitur.

"Agar bisa bermain bersama, kalian harus menguasai betul score yang akan dimainkan. Bukan cuma part kalian, tapi full score," kata Ade. (rek)

Dimuat Radar Sidoarjo edisi 29 September 2015

1 comment:

  1. selama ini teman2 musisi sidoarjo banyak yg main di surabaya karena kotanya bertetangga, yg cukup menonjol di sidoarjo itu anak2 PCMS yg sering jadi juara festival choir tingkat nasional dan internasional

    ReplyDelete