12 June 2015

Gus Kholiq populerkan paranormal di Sidoarjo



Sejak 2003, Gus Kholiq Waseso Puro aktif mengadakan Gelar Seni Budaya Nusantara di Pendapa Delta Krida Budaya, Sidoarjo. Pria asal Tulangan itu yang juga ketua Ikatan Paranormal Indonesia (IPI) itu ingin agar masyarakat tidak lagi melecehkan paranormal, dukun, pengobatan tradisional, yang merupakan warisan budaya leluhur.

"Sebagian besar masyarakat kita itu tidak fair. Kalau punya hajat seperti mantenan minta bantuan pawang hujan atau orang pinter. Ingin jadi kepala desa, datang minta bantuan orang pinter. Sakit nggak sembuh-sembuh, datang ke pengobatan alternatif. Tapi, di sisi lain, mereka sering mencela keberadaan pawang hujan atau paranormal," ujar Gus Kholiq.

Selama ini, menurut pria yang punya pondok pesantren di kawasan Tulangan dan Waru ini, banyak warga memperoleh informasi yang kurang tepat tentang paranormal, supranatural, benda-benda pusaka, dan sebagainya. Informasi itu bahkan diperoleh dari orang-orang yang antiparanormal. "Makanya, sejak tahun 2013 saya dan teman-teman mengadakan pameran supranatural di Sidoarjo. Biar warga bisa berinteraksi langsung dengan paranormal," ujarnya.

Dalam pameran kali ini, Gus Kholiq mengajak sejumlah rekannya, sesama anggota IPI, untuk membuka stan di pendapa di Jalan Sultan Agung Sidoarjo. Di antaranya, Gus Nur Kholik (Madiun), Mbah Macan Putih (Solo), Ki Amar (Jakarta), Gus Nanak (Surabaya), Solikin (Ponorogo), Suhu Indra (Sidoarjo), dan Den Sayyid Asmoro Bangun (Sidoarjo).

"Pesertanya terbatas karena lokasinya tidak memungkinkan. Saya juga memberi kesempatan kepada teman-teman yang belum pernah ikut," kata pria bernama asli Abdul Kholiq ini.

Di ajang gelar budaya Nusantara 2015 di Sidoarjo, Gus Kholiq mengadakan magic show, demo debus, hipnotis, mentalis, hingga lelang batu akik. Atraksi yang menegangkan ini selalu diminati masyarakat. "Limbad itu dulu sebelum terkenal, ya, atraksi di Sidoarjo. Begitu juga Bayu Gendheng," tuturnya.

Tampilnya Limbad, Bayu Gendheng, serta sejumlah mentalis di televisi nasional, menurut Gus Kholiq, sangat membantu mengangkat reputasi paranaromal di tanah air. Perlahan-lahan warga tak lagi mencibir keberadaan paranormal setelah menikmati magic show.

"Demam batu akik sekarang ini juga membuktikan bahwa kita punya kekayaan spiritual yang luar biasa. Sebab, batu akik itu bukan sekadar batu biasa, tapi punya nilai budaya yang tinggi," katanya. (*)

2 comments:

  1. Min, gimana caranya kalo mau konsultasi dengan gus kholiq ya

    ReplyDelete
  2. Minta alamt lengkp nya gus kholiq bisa...?

    ReplyDelete