19 May 2015

Via Vallen Bintang Dangdut dari Sidoarjo



Siapa penyanyi dangdut paling top di Jawa Timur saat ini? Hampir semua penggemar dangdut (koplo) di Surabaya dan Sidoarjo menyebut nama ini: VIA VALLEN. Gadis manis asal Desa Kalitengah, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, yang terdampak lumpur Lapindo, ini luar biasa populernya. Jauh sebelum namanya menanjak, rekaman live Via Vallen terlihat berjubel di YouTube.

"Makanya, dulu saya dijuluki Ratu Pop Koplo YouTube," ujar penyanyi kelahiran 1 Oktober 1990 dengan nama asli Maulidia Octavia ini.

Video-video di YouTube itu tak lain rekaman saat Via Vallen manggung di berbagai kota. Via tampil bersama semua orkes melayu (OM) papan atas di Jawa Timur seperti OM Sera, OM Monata, atau OM New Palapa. Lagu-lagu milik artis lain, khususnya pop, di-cover si Via dengan racikan koplo ala OM Sera dan orkes-orkes sejenisnya.

"Alhamdulillah, banyak orang yang senang dengan gaya saya meskipun saya gak bisa goyang kayak artis lain," kata nona yang suaranya nyaring ini.

Via Vallen menjadi fenomenal di tanah air, tak hanya Jawa Timur, justru karena dia tak latah meniru para seniornya di jagat koplo yang norak, berbusana super seksi, goyangan vulgar, lirik lagu yang ngeseks, dsb. Via tampil dengan pakaian sopan, nyaris tanpa goyangan ala penyanyi dangdut. Cengkok dangdut yang sering berlebihan pun dia hindari. "Kalau nyanyi lagu dangdut asli baru saya pakai cengkok. Kalau lagu pop yang di-cover ya biasa saja," katanya.

Rupanya resep yang tidak neko-neko ini justru mengundang simpati penggemar musik dangdut koplo. Lagi pula, goyangan norak nan ngebor ala Inul Daratista yang heboh sejak 2004 sudah bikin orang jenuh. Ketika para artis koplo dari pantai utara (pantura) cenderung gila-gilaan, Via Vallen datang dengan tawaran baru yang segar dan sederhana.

"Sekarang ini Via Vallen jadi artis favorit di pantura," kata M Syaiful, mantan duta wisata Sidoarjo, yang sekarang jadi salah satu promotor show Via Vallen bersama OM Sera di kawasan pantura Jawa Tengah. "Via Vallen itu malah jauh lebih populer di luar Jawa Timur. Permintaan dari Kalimantan pun luar biasa. Anehnya, di Sidoarjo sendiri biasa-biasa saja," kata pria asal Desa Candipari, Kecamatan Porong, itu.

Saking populernya Via Vallen di Jawa Tengah, Syaiful mengaku paling senang menggarap konser Via Vallen bersama OM Sera. Orkes Melayu Sera (Selera Rakyat) ini milik pengusaha musik dari Gresik, tapi hampir semua musisinya dari Sidoarjo. Via Vallen menjadi penyanyi paling diandalkan OM Sera.

"Kalau OM Sera manggung sama Via Vallen, sudahlah, kita sudah BEP sebelum konser. Agen-agen tiket pada berebut jualan tiket. Satu stadion penuh sesak," ujar Syaiful kepada saya pekan lalu. "Kalau jualan band-band pop, wah, sulitnya setengah mati. Makanya, saya sekarang tiap minggu blusukan di Jawa Tengah, khususnya pantura, sama Via Vallen," mantan Guk Sidoarjo itu menambahkan.

Bagi promotor muda asli kota lumpur ini (rumah Syaiful tak jauh dari lokasi semburan lumpur Lapindo), Via Vallen dan OM Sera merupakan kombinasi yang dahsyat di Jawa Tengah. Mengapa? Baik Via Vallen maupun OM Sera memiliki ribuan fans yang setia, cenderung fanatik, dan siap menonton pertunjukan Via Vallen + Sera di mana saja.

"Anda lihat saja di YouTube bagaimana hebatnya para penonton konser Via Vallen. Nggak pakai tawuran kayak penonton dangdut lawas yang kampungan itu," katanya.

Sampai kapan popularitas Via Vallen yang baru merilis single berjudul Selingkuh (setelah sukses mengkoplokan ratusan lagu-lagu pop terkenal) bertahan? Belajar dari pengalaman mengangkat artis lokal Sidoarjo macam Putri Vinata (Kecamatan Taman) dan Uut Permatasari (Krian), menurut Syaiful, popularitas penyanyi dangdut wanita itu sangat dipengaruhi usia. Sebab, penggemar dangdut koplo sejak dulu lebih suka penyanyi berusia 20-an tahun.

Kalau sudah menginjak 27 tahun, 28 tahun, apalagi 30 tahun, otomatis sudah muncul biduanita baru yang jadi primadona panggung. Saat ini Via Vallen berusia 25 tahun. Usia emas seorang bintang dangdut-koplo untuk mencetak income sebanyak-banyaknya.

"Inul itu 10 tahun lalu hebohnya kayak apa. Sekarang Inul cuma jadi komentator di TV atau ngurusin rumah karaokenya karena wis tuwek (sudah tua). Siklus di industri hiburan ya selalu begitu," katanya.

8 comments:

  1. matnapppssss.... Via Vallen memang luar biasa....

    ReplyDelete
  2. Suara nya UnIK .kHas Banget ,wajah nya Juga UNik

    ReplyDelete
  3. via vallen adalah infirasi bagi kami anak" vyanisty
    di mana pun via vallen ada di situ pasti ada vyanisty.,vyanisty adalah nama fans dari via vallen.,(Sera musikku.via vallen idolaku.O.A.O.E salamku.vyanisty itulah aku)
    by:Resta ( vyanisty ngawi)

    ReplyDelete
  4. Via Vallen is the best
    From irwn Vyanisty suroboyo
    Love u viaQ

    ReplyDelete
  5. gk bs diungkapkan lg dg kata-kata. via vallen LUAR BIASA.

    ReplyDelete