12 February 2015

Mengapa Jokowi Gagap Bicara

Jokowi berubah begitu drastis. Sejak jadi presiden, Jokowi tampak gagap bicara di depan publik. Kalimat-kalimatnya selalu tersendat. Tidak lancar. Spontanitasnya ketika masih wali kota dan gubernur seperti hilang.

Presiden memang tak harus jago pidato kayak Bung Karno. Atau bicara lancar, mengalir, akademis, kayak dosen seperti Presiden SBY. Presiden Megawati pun tidak jago bicara. Tapi saya lihat kualitas public speaking Presiden Jokowi ini sangat menyedihkan. Beliau sulit mengelaborasi masalah yang sedang jadi perhatian masyarakat seperti konflik antara KPK dan Polri.

Setidaknya dua kali Jokowi gagal memanfaatkan podium untuk menjelaskan benang kusut yang membelit dirinya usai mencalonkan Komjen Budi Gunawan sebagai kapolri. Berdiri berjejer dengan para tokoh yang disebut tim enam (atau 9), Jokowi bicara terlalu pendek. Itu pun pakai kerepekan, membaca catatan di kertas. Isinya pun sangat normatif.

Penjelasan Jokowi dengan begitu tidak menyelesaikan masalah tapi justru memperumit persoalan. Polri makin gencar menyerang KPK sampai sekarang. Ketika bertemu wartawan atau di depan masyarakat, lidah Jokowi pun seperti kelu. Tidak bisa bicara lancar, enak, layaknya pemimpin negara. "Kalah sama ketua RT di kampung saya," kata Mbak Puji, warga Waru, Sidoarjo.

Ada apa dengan Jokowi? Kok tiba-tiba berubah menjadi gagap begitu? Sulit dimengerti seorang presiden negara besar kelihatan begitu gagap di depan umum. Public speaking-nya kalah jauh sama adik-adik aktivis mahasiswa yang masih bau kencur. Kalah sama aktivis buruh yang suka orasi saat unjuk rasa di alun-alun.

Tak hanya saya yang heran dengan pola komunikasi publik sang presiden yang petugas partai PDIP itu. Dosen komunikasi Universitas Brawijaya Malang Anang Sujoko seperti dikutip tempo.co menilai perubahan pola komunikasi Jokowi dipengaruhi kekuatan internal di sekitar Jokowi.

"Ada sesuatu yang hilang. Jokowi sempat tak bersedia diwawancarai wartawan saat awal polemik KPK dan Polri," kata Anang.

1 comment:

  1. mungkin kebanyakan mikir n stress. perlu ikut training pidato hehehe

    ReplyDelete