28 November 2014

Suhu Bingo Bahas Tahun Kambing 2015

Saya lihat buku Tahun Kambing 2015 sudah beredar di kios-kios di pinggir jalan Kota Surabaya. Penulisnya siapa lagi kalau bukan Suhu Bingo. Pria kelahiran Jombang itu setiap tahun selalu merilis buku fengshui dan astrologi Tionghoa tiga bulan sebelum tahun baru Imlek. Sincia atau tahun baru Imlek sendiri jatuh pada 19 Februari 2015. 

"Banyak orang yang membutuhkan buku saya. Buat panduan selama satu tahun ke depan," kata Suhu Bingo Taniwijaya. Prediksi ala Suhu Bingo selalu dalam bahasa isyarat, kiasan, sehingga maknanya bisa sangat luas. Namun, ia selalu merasa ramalannya tidak banyak meleset.

"Tahun 2014 saya sebut tahun kuda yang gonjang-ganjing. Kita sudah tahu semua apa yang sudah terjadi selama tahun 2014," kata suhu yang selalu bicara dengan suara rendah dan santai ini.

Bagaimana dengan tahun 2015? 

Selepas kuda, masuklah kita ke tahun kambing. Beda dengan tahun kuda, menurut Suhu Bingo, tahun kambing identik dengan suasana yang lebih damai, tenteram, sejuk, bisa santai dan makan-makan sepuasnya. Yang bermusuhan pelan-pelan mulai menemukan jalan damai.

Namun, Suhu Bingo mengingatkan bahwa tahun kambing 2015 tetap punya elemen kayu dan api. Sama dengan tahun kuda 2014. Kayu mudah terbakar, jadi abu jika terbakar api. Sang kambing itu membawa motivasi yang bisa baik bisa buruk. Ingat, elemen tetapnya api.

"Api akan selalu membawa bara karena berdampingan dengan kayu. Bila ada semilir angin maka timbul letupan, lalu menjadi bola-bola api," ujar Suhu Bingo yang menyebut tahun 2015 sebagai tahun bara api.

Antusiasme akan berkobar seperti api. Orang jadi semangat bekerja, cari uang, memburu kesuksesan. Tapi api semangat itu bisa membakar diri sendiri kalau ada arogansi dan karakter yang lemah. "Tahun kambing itu lebih aman, baik, membawa hoki, tapi tanpa diduga ada bola-bola api yang selalu membayangi manusia," kata sang suhu.

Begitulah wejangan Suhu Bingo menyambut Tahun Kambing Kayu. Wejangan ala Tionghoa selalu bersifat dualistis dan terkesan kontradiktif. Katanya tahun yang aman damai makmur, tapi di sisi lain ada elemen api yang gampang membakar kayu jika tidak waspada.

Intinya ya kerja kerja kerja.. Tetap eling lan waspada. Ojo dumeh!






2 comments:

  1. Intinya nasehatnya suhu gak usah dianggap serius, krn sam saja dengan wejangannya kakek atau nenek kita sendiri. Gak ada istimewanya.

    ReplyDelete