06 November 2014

Seriosa berbisik ala Mas Slamet



Slamet Abdul Sjukur, komponis asal Surabaya, yang dianggap nyentrik dan aneh itu, ternyata pernah mengarang lagu seriosa yang syahdu. Komposisi untuk piano dan soprano ini berjudul KABUT. "Saya karang tahun 1960," ujar Mas Slamet suatu ketika.

Slamet Abdul Sjukur, meski sudah berusia 79 tahun, lebih suka disapa Mas Slamet. Bukan Pak Slamet, apalagi Mbah Slamet atau Eyang Slamet. Jiwanya memang selalu muda, kritis, ide-idenya segar dan selalu bisa dieksekusi. Gak ngomong thok!

Iseng-iseng saya blusukan di YouTube dan menemukan komposisi Kabut. Dinyanyikan Ika S. Wahyuningsih (soprano) diiringi Krisna Setiawan (piano). Saya langsung ngeh melihat foto Mas Slamet di YouTube itu. Mas Slamet yang lagi motret. Itu tidak lain foto jepretan saya ketika menyaksikan resital musik klasik di Hotel Majapahit Surabaya beberapa tahun lalu.

Waktu itu saya mendekati Mas Slamet untuk wawancara pendek. Lebih tepatnya, minta komentar beliau tentang permainan piano sang artis. Mas Slamet malah asyik jeprat-jepret dengan kamera sakunya. "Komentarku nanti saja. Sekarang saya motret dulu. Banyak orang cantik nih," katanya enteng.

Meskipun dipakai tanpa izin, saya senang foto yang agak buram itu dipakai untuk ilustrasi Kabut karya Slamet Abdul Sjukur. Saya jadi makin ingat sepak terjang Mas Slamet di musik klasik atau musik kontemporer Indonesia. Tapi, saya juga kaget menikmati komposisi yang saya anggap bukan khas Slamet Abdul Sjukur.

"Oh, ternyata Mas Slamet ngarang lagu seriosa juga," kata saya dalam hati.

Nah, komposisi lama itu, yang tadinya cuma saya saksikan di YouTube, akhirnya bisa dinikmati langsung di STKW Surabaya. Istimewanya lagi, Mas Slamet yang main piano mengiringi Ika Wahyuningsih. Suasana di aula STKW yang nyelempit, sunyi, membuat karakter lagu ini jauh lebih terasa. Vokal Ika yang bening terdengar jelas meski tidak pakai mikrofon.

Mas Slamet juga terlihat seperti seorang pertapa yang memainkan komposisinya sendiri dengan syahdu. Lagu Seriosa berjudul Kabut ini beda dengan kebanyakan seriosa Indonesia yang terasa menggelegar, memaksa penyanyi bersuara tinggi, dengan vibrasi yang sering berlebihan. Kabut ini komposisi yang berbisik, halus, meditatif.

Mirip suara Mas Slamet yang cenderung berbisik, tidak bisa bicara dengan keras. Bisikan halus tapi tetap bertenaga.  Salam sluman slumun slamet!


Link lagu Kabut karya Slamet Abdul Sjukur:
https://www.youtube.com/watch?v=13tzhn3F2xc

No comments:

Post a Comment