27 November 2014

KULIAH UMUM MENTERI SUSI

Kemarin, 26 November 2014, Susi Pudjiastuti, menteri kelautan dan perikanan, berkunjung ke Sidoarjo. Memberi kuliah umum di kampus Akademi Perikanan Sidoarjo (APS). Pesona Bu Susi yang nyentrik, out of the box, membuat 600-an mahasiswa yang berasal dari semua provinsi di Indonesia itu sangat antusias.

Kuliah umum jadi ajang Bu Susi berbagi pengalaman memulai bisnis jualan ikan di Jawa Barat hingga sukses jadi pengusaha kaya raya. Jadi bos Susi Air, punya puluhan pesawat, dengan pilot-pilot bule.

"Kalian tahu saya tidak lulus SMA. Tapi jangan ditiru lho. Kunci
sukses itu disiplin, kerja keras, dan kerja ekstra," ujar bu menteri
dengan suara khasnya yang berat.

Disiplin! Gampang diucapkan tapi susah dilaksanakan secara konsisten oleh orang Indonesia. Mungkin disiplin itu bukan budaya kita, katanya. Orang Indonesia umumnya antusias saat mulai tapi melempem kalau sudah jalan. Hilang semangat. Karena itu, ia meminta mahasiswa APS untuk selalu disiplin dan kerja keras.

Laut kita begitu luasnya, dari Aceh sampai Papua. Tapi perikanan kita kalah jauh sama Jepang dan Thailand. Bu menteri menantang mahasiswa perikanan ini untuk kreatif menggali potensi, harta kekayaan alam, yang menumpuk di laut kita. Ikan-ikan kita maah dicuri kapal-kapal asing.

Kuliah umum bersama Menteri Susi begitu menarik dan hidup. Anak-anak muda menyimak kata-kata bu menteri yang hanya berijazah SMP tapi sukses luar biasa itu. Masa, kalian yang nanti jadi sarjana perikanan dan kelautan nggak bisa! Harus bisa dong!

Hidup Menteri Susi!

No comments:

Post a Comment