13 November 2014

Iseng-Iseng Mencoba AdSense

Apa betul sangat sulit mendapat persetujuan Google untuk AdSense? Begitu banyak curhat dan keluhan di internet soal 'kerja keras' untuk meyakinkan Mbah Google agar laman blog seseorang dipasangi AdSense.

Ada yang mencoba belasan kali, tapi gagal. Ada yang tiga atau lima kali baru berhasil. Banyak yang patah arang karena menganggap Google diskriminatif terhadap blogger Indonesia.

Maka, saya iseng-iseng mendaftar AdSense. Syaratnya, antara lain, harus menghapus semua link yang berbau iklan. Termasuk hitstats untuk memonitor pengunjung blog setiap hari. Senang juga kalau blog kita dikunjungi ratusan orang setiap hari. Data statistiknya ya di hitstats itu tadi.

Apa boleh buat, demi mengikuti kemauan Mbah Google, saya pun melepas link hitstats itu. Disetujui syukur, ditolak gak papa. Sebab, blogging ini sebetulnya hanya sekadar hobi sambil berbagi informasi. Bukan untuk cari AdSenSe, apalagi bikin macam-macam trik untuk mengakali SEO dan sebagainya.

Puji Tuhan, ternyata saya hanya perlu waktu satu hari untuk disetujui Mbah Google. Muncul surat elektronik dari pengelola AdSense seperti berikut:

"Selamat! Permohonan Google AdSense Anda telah disetujui. Anda akan segera mulai melihat iklan Google yang relevan tampil di http://hurek.blogspot.com/. Harap perhatikan: Akun AdSense hanya mengizinkan monetisasi konten yang Anda buat di situs mitra host AdSense."

Senang juga hati ini. Ternyata permohonan AdSense saya disetujui dengan cepat. Mungkin pihak Google menganggap blog sederhana ini memang memenuhi syarat untuk dipasangi AdSense. Dan, yang paling penting, konten atau isi blog ini bermanfaat dan orisinal.

Karena itu, jika teman-teman melihat gambar iklan di sidebar dan bawah naskah, itu bagian dari iseng-iseng untuk mendalami apa sebetulnya AdSense itu. Salam semangat!

No comments:

Post a Comment