02 October 2014

Politisi NTT Jadi Musuh Bersama di Senayan

Benny Kabur Harman

Setya Novanto baru saja terpilih sebagai ketua DPR RI. Politikus Golkar ini diajukan enam partai koalisi Prabowo. Jelas saja Setya menang aklamasi karena tiga partai koalisi Jokowi walk out.

Setya sudah lama jadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) NTT. Sayang, manuver koalisi Prabowo sangat kasar, licik, mabuk kuasa, halalkan cara untuk menguasai parlemen. Benar-benar bikin rakyat muak. Tentunya rakyat yang punya akal sehat.

Karena prosesnya penuh kelicikan, naiknya Setya Novanto tidak bisa diapresiasi masyarakat. Termasuk orang NTT macam saya. Justru kita malu kok masih banyak politisi di Indonesia yang kemaruk kuasa. Tapi ya selamat untuk Pak Setya, semoga makin lama koalisi Prabowo makin sadar dan waras!

Sebagai pengusaha kaya dan politisi berpengaruh, peran Setya Novanto sebagai anggota dewan dapil NTT lumayan membawa manfaat. Dia banyak bikin baksos, membantu anakan sapi, sembako, dan sebagainya. Sayang, usahanya belum maksimal. Buktinya, jalan-jalan di Flores masih berantakan dan tak pernah diperbaiki selama 20 tahun.

Bintang lain yang kontroversial di Senayan adalah Benny Kabur Harman. Anggota DPR RI dari Partai Demokrat ini berasal dari Flores Barat alias Manggarai. Benny yang jadi juru bicara Partai Demokrat saat walk out saat pembahasan RUU Pilkada.

Benny Kabur dengan mantap membacakan 10 syarat Demokrat untuk menyempurnakan pemilihan langsung. PDI Perjuangan, PKB, dan Hanura menerima sepenuhnya 10 syarat itu. Eh, Benny Kabur malah menyampaikan kepada pimpinan sidang dan publik bahwa Demokrat kabur.

Benar-benar kontroversial! Benny Kabur memang jadi bintang, pusat perhatian, terkenal, tapi bukan karena prestasi atau kehebatannya. Politikus NTT ini terkenal karena jadi musuh bersama rakyat Indonesia yang pro demokrasi langsung.

Sebagai provinsi paling miskin, kecil, hanya punya 5 juta penduduk, sejak dulu NTT tidak diperhitungkan di jagat politik nasional. NTT itu dianggap antara ada dan tiada. Eh, kini, ketika mulai banyak politisi NTT muncul ke jagat politik nasional, yang menonjol malah kontroversinya.

Kita, warga NTT di dalam dan luar NTT, tentu sulit bangga dengan dua politikus ini. Sangat terkenal tapi juga sangat kontroversial!

No comments:

Post a Comment