17 October 2014

Lagu rohani Batak yang berkesan

Ho do rajakku sipalua i
sahat tu surgo au
binaenni mudarmi

Ho do rajakku
naung manobus au
dang be mabiar au
tu hamatean i.


Seorang laki-laki 30an tahun bersenandung di sebuah warung kopi di Bungurasih, Sidoarjo. Aneh juga, pikir saya. Di lingkungan macam ini ada lagu rohani lawas yang melodinya sangat saya kenal: Hodo Rajaku!

"Di sini memang banyak orang Batak. Mereka punya gereja sendiri di ruko itu," kata Bu Kartika, pengurus sekolah Minggu yang juga bermarkas di ruko dekat Terminal Purabaya.

Oh, pantas saja kalau lagu pop rohani Batak itu disenandung abang asal Batak di warkop. Setiap Minggu ramai sekali. Selepas kebaktian, beberapa jemaat menghabiskan waktu di warkop. Ngobrol, lepas kangen, tertawa... dan minum tuak, eh bir bintang. Satu botol Rp 35 ribu.

Asyik juga.

Dulu, ketika masih SMP di Larantuka, ibukota Kabupaten Flores Timur, saya sering banget mendengar lagu rohani Batak itu diputar Kak Marta di sebelah rumah. Kebetulan rumah itu punya salon besar. Maka lagu-lagunya menyebar ke mana-mana. Lagu Kaulah Rajaku, versi Indonesianya, pun semacam jadi lagu kami di tanah Nagi.

Kalau tidak salah ingat, yang diputar Kak Marta itu versinya Julius Sitanggang. Ada juga versi Victor Hutabarat. Di bagian refren, anak-anak secara spontan menyanyi bersama-sama:

"Kaulah rajaku, Kau penebusku
Damailah hidupku oleh kasih-Mu..."

Melodi lagu ini, bagi saya dan teman-teman di Flores saat itu, indah luar biasa. Ada semacam klimaks di refren saat kita bersama dengan suara yang makin tinggi dan keras bersama-sama memuji Sang Raja.

Belakangan setelah pindah ke Jawa Timur, baru saya tahu bahwa lagu itu aslinya pop rohani Batak. Ciptaan Dakka Hutagalung, salah satu komposer hebat yang sangat fenomenal di kalangan warga Tapanuli. Belakangan, setelah ada YouTube, saya akhirnya sadar bahwa lagu ini memang sangat-sangat terkenal di kalangan umat kristiani dari Sumatera Utara.

Karena itu, tidak heran di siang yang terik itu ada seorang lelaki bersenandung lagu ini. Sambil main kartu.


Sent from my BlackBerry

No comments:

Post a Comment