18 August 2014

Tujuh belasan ala OI di hutan Prigen



Keluarga besar penggemar Iwan Fals atau OI (Orang Indonesia) punya cara unik merayakan hari kemerdekaan, 17 Agustus 2014. Sekitar 100 orang dari Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya mengadakan perkemahan di camping ground Prigen, Pasuruan.

Suasana bumi perkemahan yang sejuk, di atas 1000 meter dari permukaan laut, itu pun sangat meriah. Anak-anak balita, remaja, ibu-ibu muda terlihat antusias menikmati hutan milik Perhutani itu. Tidur di tenda yang dibawa sendiri, masak sendiri, bikin acara yang menyenangkan.

Bendera merah putih dikibarkan di areal perkemahan. "Ini acara tujuh belasan sekaligus silaturahmi keluarga besar OI. Mumpung masih dalam suasana Lebaran," kata seorang pentolan OI Surabaya.

Iwan Fals memang bukan penyanyi biasa. Muncul sejak awal 1980an, penyanyi balada yang selalu menyuarakan kritik sosial ini punya penggemar yang fanatik. Pesan-pesan damai, persatuan, cinta alam, antikorupsi, kritik terhadap penguasa, kemudian kemesraan dan cinta yang sederhana selalu dibawa penggemarnya.

Ditularkan suami kepada istri (atau sebaliknya), diteruskan kepada anak-anak. Bisa dibayangkan anak-anak kecil yang ikut berkemah ini bakal membawa virus OI atau Iwan Fals hingga dewasa kelak. Meski tren dan gaya musik pasti sudah jauh berbeda dengan musik yang diusung Iwan Fals.

Teman-teman OI ini juga bikin upacara bendera sederhana plus menyanyikan Indonesia Raya. Merdeka!

Pesan HIJAU, kembali ke alam, ke kampung sederhana di udik, tanam tanam tanam... begitu terasa dalam perayaan hari kemerdekaan ala komunitas OI. Saya pun teringat lagu lawas Iwan Fals yang mengecam penggundulan hutan oleh cukong-cukong pemegang HPH:

Lestarikan alam
hanya celoteh belaka
Lestarikan alam
mengapa tidak dari dulu
oh.. mengapa???
Jelas kami kecewa....

Kayaknya jarang sekali, bahkan tidak ada, penggemar artis atau band di Indonesia yang punya visi lingkungan sekuat OI-nya Iwan Fals. Mereka tak hanya piknik di hutan tapi juga nanam nanam nanam!


by hurek

No comments:

Post a Comment