06 August 2014

Konser harpa dan politisi gombal

Shienny Kurniawati lagi metik senar harpa. Ciamik soro!


"Harpa itu cantik, anggun, tidak peduli keributan politik gombal yang berebut kekuasaan...‬"

Begitu kata-kata pengantar Slamet Abdul Sjukur, komponis dan pianis kawakan, dalam undangan konser harpa di Surabaya pada 24 Agustus 2014. Konser ini bagian dari acara Pertemuan Musik Surabaya (PMS), sebuah forum apresiasi musik yang didirikan Mas Slamet pada tahun 1957.

Meski baru merayakan ulang tahun ke-79, Slamet Abdul Sjukur ini lebih suka disapa Mas Slamet. Bukan Pak Slamet, Mr Slamet, atau Eyang Slamet. Biar lebih akrab, katanya.

Setiap kali membaca tulisannya, entah undangan pendek, penganta kuliah musik di PMS, atau artikel panjang, Mas Slamet selalu menyusupkan kata-kata sindiran halus. "Harpa itu cantik, anggun, tidak peduli keributan politik gombal yang berebut kekuasaan...‬"

Saya pun senyam-senyum dan ketawa sendiri. Memang betul, selepas pemilihan presiden kita masih disuguhi pertunjukan dan keributan gerombolan politisi gombal di negeri ini. Pertunjukan yang sangat tidak bermutu. Gomballlll!

Atraksi koalisi gombal, yang katanya akan memboikot pelantikan presiden terpilih, bikin pansus, menjegal presiden terpilih secara terus-menerus agak cepat jatuh, bila perlu bikin pilpres ulang seluruhnya di 33 provinsi.. membuat kita yang rakyat biasa hanya bisa mengelus dada.

Kalau sampai seniman kelas empu macam Mas Slamet, yang dapat banyak penghargaan dari luar negeri, sumpek begini, kiranya para politisi gombal itu mbok ya sadar diri. Mumpung kue-kue lebaran masih banyak, ngopi bareng, menikmati anak-anak muda Surabaya unjuk kebolehan bermain harpa, alat musik yang cantik itu.

Harpis-harpis muda Surabaya ini cantik-cantik dan muda, di bawah 25 tahun. Ada Shienny Kurniawati, Felicia Liviani Tandiono, Grace Olivia Nitisantoso, Allana Madeline Wibowo, dan Erlin Christiana. Mereka jelas bukan musisi gombal yang nyolong lagunya orang untuk jingle kampanye gombal. Lagu rakyat Papua, Apuse, pun diubah syairnya jadi Garuda di Dadaku untuk kampanye Prabowo-Hatta. Hasilnya, pasangan nomor 1 kalah telak di tanah Papua!

Nah, cukup dengan membayar tiket IDR 35 ribu, kita bisa menikmati pencerahan musik soal harpa yang disampaikan Mas Slamet dan Heidy Awuy di Accademia Musicale Armonica Jalan Pajajaran 6-8 Surabaya.

Komposisi yang dimainkan:

Flower Fairies,
Water Sprites,
Fairy Ring,
Tylwyth Teg,
Jimaninos (Kathryn Cater)
Blue Planet (Inge Frimout-Hei)
The Minstrel's Adieu (John Thomas)

Informasi pendaftaran
Gema 08179319262
Melodia (031)-5035309 – 5020680
AMA (Accademia Musicale Armonica) (031)-5673570

www.pertemuanmusiksurabaya.blogspot.com
Twitter : @PMS_Sby
email: deby.melodia@yahoo.co.id

3 comments:

  1. ...... Begitu kata-kata pengantar Slamet Abdul Sjukur, komponis dan pianis kawakan, dalam undangan konser harpa di Surabaya pada 24 Agustus 2014. Apakah tahun lalu?

    ReplyDelete
  2. Tolong untuk info pemesanan tiket. Trims.

    ReplyDelete
  3. AGENDA PMS AGUSTUS 2014

    Minggu, 24 Agustus 2014 puku 18.30 wib
    Accademia Musicale Armonica
    Jl Padajaran no 6-8 Surabaya

    Heidi Awuy Harp Ensemble Surabaya

    Bersama : Shienny Kurniawati, Felicia Liviani Tandiono, Grace Olivia Nitisantoso, Allana Madeline Wibowo, dan Erlin Christiana
    Menampilkan : Novia Devita (Solo Cello)

    Komposisi yang dimainkan :
    Flower Fairies , Water Sprites, Fairy Ring, Tylwyth Teg, Jimaninos (Kathryn Cater) - Blue Planet (Inge Frimout-Hei) - The Minstrel's Adieu (John Thomas)

    Heidy Awuy akan memberikan uraian tentang instrumen harp dan komposisi harp

    Pertemuan Musik Surabaya adalah paguyuban nirlaba yang lahir sejak tahun 1957. Setiap bulannya menyelengarakan acara yang cerdas, dalam suasana yang santai dan bersahabat. Acara ini terbuka bagi siapapun yang bersedia menyumbang 35ribu (umum) atau 25ribu (pelajar/mhs).

    Informasi pendaftaran
    Gema 08179319262
    Melodia (031)-5035309 – 5020680
    AMA (Accademia Musicale Armonica) (031)-5673570

    www.pertemuanmusiksurabaya.blogspot.com
    Twitter : @PMS_Sby
    Facebook : Pertemuan Muusik Surabaya

    ReplyDelete