30 June 2014

Belanda dan Brasil Mengecewakan

Tim yang bermain bagus tidak selalu menang. Itulah yang diperlihatkan Meksiko semalam. Belanda yang dimotori Robben akhirnya menang meskipun kurang meyakinkan. Van Persie melempem sehingga diganti oleh Huntelaar.

Hanya Robben yang main bagus dengan gorengan bola ala Latin ke dalam area penalti. Plus beberapa kali diving untuk cari penalti. Mantan pemain Chelsea ini akhirnya benar-benar dijatuhkan dan dapat hadiah penalti. Gol, 2-1, di masa tambahan waktu.

Sayang sekali Meksiko yang sudah main bagus, bikin Belanda kocar-kacir, akhirnya harus kalah. Semata-mata karena sistem pertahanan yang kurang bagus menjelang akhir babak kedua. Robben kalau dibiarkan gocek bola sendirian ya jadinya seperti tadi malam itu.

Dari sini kita sadar bahwa Belanda ternyata bukan tim super. Do Santos bisa dengan mudah melewati beberapa bek lalu menceploskan bola. Kiper Belanda pun berkali-kali menyelamatkan gawangnya dari tendangan pemain-pemain Meksiko yang keras dan terarah.

Malam sebelumnya kita menyaksikan permainan Brasil yang juga medioker. Kualitas tuan rumah Piala Dunia 2014 ini bahkan lebih parah ketimbang Belanda. Cile yang justru beberapa kali membuat pemain belakang Brasil kepontal-pontal.

Kita juga lihat dua striker, Fred dan Jo, melempem di depan gawang. Hanya Neymar yang tampil bagus. Karena itu, sebagai penonton netral, yang tidak pernah fanatik pada tim mana pun, saya sih inginnya Cile menghukum Brasil dengan gol-gol kemenangan.

Sayang, pertandingan dilanjutkan 2 x 15 menit dengan kualitas permainan yang makin tidak karuan. Pemain-pemain sepertinya sudah terlalu capek. Banyak jalan kaki ketimbang berlari mengejar bola. Sama-sama tunggu adu penalti.

Dan begitulah hasilnya kalau Cile gagal mencetak gol di waktu normal. Cile tidak kalah, skor 1-1, tapi gagal ke 8 besar. Salut untuk Cile yang sudah memamerkan kualitasnya kepada dunia. Sekaligus menunjukkan kelemahan tim nasional Brasil yang sudah kehilangan jogo bonito dan naluri mencetak gol.

No comments:

Post a Comment