28 April 2014

In memoriam Romo Gabriel Dasi SVD



Masih dalam suasana Paskah 2014, umat Katolik di Kabupaten Sidoarjo bagian utara kehilangan sang gembala. Romo Gabriel Dasi SVD. Pastor asal Atambua, NTT, ini meninggal dunia akibat penyakit dalam yang dideritanya cukup lama.

Banyak orang yang kaget. Tak menyangka kalau Romo Dasi dipanggil Tuhan dalam usia yang belum terlalu senja. Apalagi selama ini beliau selalu tampak riang, gembira, seakan tanpa beban. Karena itu, saya misalnya tidak menyangka kalau Romo Dasi sejatinya menderita sakit yang tergolong kelas berat.

Selera humornya yang halus, cerdas, membuat imam kongregasi Societas Verbi Divini ini sangat disukai umat. Homilinya jadi berbobot sekaligus enak. Inilah yang membuat ribuan umat Katolik berjubel saat misa requiem untuk melepas jenazah beliau ke makam Kembang Kuning, Surabaya.

Paroki Salib Suci di Wisma Tropodo, Waru, Sidoarjo, tergolong paroki baru. Muncul pada era 1980an seiring pertumbuhan perumahan-perumahan baru di wilayah Sidoarjo yang berbatasan langsung dengan Surabaya.

Romo Dasi termasuk pastor yang sejak awal bersama Romo Heribert Balhorn SVD merintis gereja baru ini. Puji Tuhan, paroki ini berkembang sangat pesat. Umatnya banyak, kualitas liturginya pun oke punya. Bahkan dianggap salah satu yang terbaik di Keuskupan Surabaya. 

Sebelum ada penataan liturgi di Keuskupan Surabaya, Paroki Salib Suci sudah lebih dulu mendisiplinkan diri.
Karena itu, misa di Salib Suci rasanya beda dengan misa di gereja-gereja lain. Ya, berkat ketegasan Romo Heribert dan Romo Dasi.

Masih banyak lagi kenangan umat tentang mendiang Romo Dasi. Romo yang identik dengan Paroki Salib Suci. Beliau juga yang mengantar Stasi Santo Paulus di Jalan Raya Juanda sebelum mandiri sebagai stasi baru pada 2006.

Sejak itulah saya rutin mengikuti misa plus khotbah beliau di Gereja Santo Paulus. Setelah stasi jadi paroki, Romo Dasi kembali ke paroki induknya di Salib Suci. Lama pula saya tak bersua sang romo.

Belakangan dapat kabar dari Mbak Rini di Katedral Surabaya.

"Sudah ngelayat belum?" tanya Rini.

"Ngelayat siapa? Siapa meninggal?"

"Belum dengar ya?"

"Romo Gabriel Dasi SVD!"

Oh, Tuhan, Romo Dasi telah kembali ke pangkuan Sang Pencipta.

Semoga beliau berbahagia di sisi-Nya!

No comments:

Post a Comment