01 January 2014

Tahun baru - Pesta rakyat di Lembata



Tak ada trompet dan aneka hiburan modern. Tapi tahun baru selalu dirayakan secara meriah di NTT, khususnya Flores dan Lembata. Semua orang terlibat dan dilibatkan.

Malam tahun baru selalu dijadikan ajang refleksi dan evaluasi sekaligus pesta rakyat. Semua kepala desa seakan berlomba mengemas acara pergantian tahun sebaik mungkin.

Dari enam desa di Kecamatan Ileape, mulai Lewotolok sampai Waimatan, semuanya menyembelih babi dan kambing. Juga disediakan ikan dan ayam bagi mereka yang tak cocok dengan hewan kaki empat. Lewotolok rupanya hanya potong kambing karena muslimnya cukup banyak.

Tahun ini saya ikut di Lamawara, kampung pinggir laut. Selama empat jam, dimulai pukul 20:00, semua warga kumpul di balai desa. Acara pertama ibadat bersama secara Katolik. Meski tanpa pastor, kebaktian berlngsung apik dengan khotbah yang berbobot. Beberapa lagu lama dinyanyikan membuat saya teringat masa kecil dulu di kampung.

Selanjutnya, anak-anak diberi kesempatan makan malam. Makan dengan hidangan spesial. Kemudian giliran pria dewasa disusul perempuan. Ini memang urutan lama yang rupanya masih dipertahankan di era globalisasi ini.

Masih ada banyak waktu menuju pukul 00.00. Wow, anak-anak kampung ternyata sudah bisa membawakan lagu Cherrybelle dengan koreografi seperti di televisi. Ada juga tarian dolo yang rancak.

Kemudian pidato-pidato dari sejumlah tokoh seperti ketua BPD, desa siaga, guru senior, wakil perantau, dan ditutup kepala desa Moses Soge. Pak kades meminta maaf atas kesalahannya selama satu tahun dan meminta warga hidup rukun dan damai.

Kades Moses juga menggunakan malam tahun baru untuk menyampaikan beberapa program desa. Ada yang berhasil

3 comments:

  1. Tulisan yang sangat bagus. Tradisi, kebersamaan, kecerian dan rasa bangga lengkap tertuang. Cerita yang pas untuk memulai tahun yang baru. Terimakasih atas tulisannya mas Hurek dan selamat Tahun Baru, juga untuk para pembaca blog ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. horas babs! selamat tahun baru semoga anda diberkati tuhan sepanjang tahun. tulisannya terpotong krn ngeblog pake hp china yg karakternya terbatas.
      tambahan yg penting: doa tepat pukul 00.00 secara islam oleh kak kamsinah plus pengajian quran. lalu salaman n rame2 sampai pagi. tuhan memberkati semua orang!

      Delete
  2. Bung Hurek, Selamat Tahun Baru 2014, Semoga Selalu Sehat Walafiat !
    Salam dari RRT

    ReplyDelete