11 December 2013

Twinkles Harmony Choir Sidoarjo Menang di Thailand



Twinkles Harmony Choir, Sidoarjo, baru pertama kali mengikuti festival paduan suara di luar negeri. Namun, rupanya penampilan paduan suara remaja Kota Delta ini langsung memukau para juri. Twinkles Harmony Choir pun mengukir prestasi luar biasa di Bangkok.
Twinkles Harmony Choir baru saja mengikuti ajang 10th A Voyage of Songs International Choir Festival yang dilaksanakan di Bangkok, Thailand, 6-9 Desember 2013. Hasilnya, kor para siswa Purwa Caraka Musik Shool (PCMS) Sidoarjo ini meraih Silver Diploma B  menjadi juara pada kategori Junior Youth Choir (Equal Voice Choir). Kemudian Gold Diploma C sekaligus winner untuk kategori Folklore.
"Adik-adik juga mendapat penghargaan khusus dari dewan juri sebagai The Most Promising Choir. Ini benar-benar prestasi yang sangat membanggakan," ujar Wilis, staf PCMS Sidoarjo, yang saya hubungi via telepon kemarin.
Sebelum menang di Bangkok, menurut Wilis, paduan suara yang dilatih Bayu Widjaja ini juga meraih prestasi membanggakan dalam festival paduan suara nasional yang diadakan Institut Teknologi Bandung (ITB). Saat itu Twinkles medapat dua medali emas.
"Hasil positif di Bandung itulah yang membuat adik-adik makin percaya diri untuk tampil di Bangkok. Syukurlah, mereka akhirnya menang," katanya.
Paduan suara ini aktif berlatih setiap Sabtu siang di kompleks The Sun City Mall, Jalan Pahlawan Sidoarjo. Latihan makin intensif jika akan mengikuti festival atau pergelaran. Mereka juga kerap unjuk kebolehan dalam konser-konser di Sidoarjo.
Rupanya kerja keras anak-anak muda Sidoarjo ini berhasil mengangkat kiprah paduan suara yang awalnya hanya sebagai ajang mempraktikkan seni suara (vokal) yang sudah dipelajari di PCMS. Mereka pun memberanikan diri mengikuti lomba paduan suara tingkat nasional di ITB.
Wow, paduan suara ini pun langsung melejit. Tak ada yang menyangka kalau Twinkles melaju hingga babak final dan kemudian menjadi champion. Luar biasa!
Anak-anak muda di bawah 17 tahun ini telah mengangkat nama Sidoarjo ke forum internasional. Bahwa Sidoarjo bukan hanya terkenal karena semburan lumpur di Porong dan sekitarnya sejak akhir Mei 2006, tapi juga mampu berprestasi di bidang paduan suara.

1 comment: