11 October 2013

Ke mana penyanyi jebolan AFI

Semalam saya sempat menyaksikan beberapa penyanyi Akademi Fantasi indonesia (AFI). Sebuah kontes menyanyi ala televisi yang sempat memukau jutaan orang Indonesia enam atau tujuh tahun silam.

Trie Utami masih jadi juri utama didampingi Maia Estianty dan David. Ketiga juri terlalu banyak bercanda, tapi Trie masih berperan bagai guru sekaligus analis seni suara. Di Indonesia memang tak banyak penyanyi pop yang punya wawasan musik vokal sehebat Trie Utami.

Secara umum kualitas peserta AFI 2013 ini cukup bagus. Bahkan lebih bagus ketimbang beberapa AFI sebelumnya. Tak berbeda jauh dengan peserta Indonesia Idol atau X Factor.

Yah, hakikat lomba ini memang sama saja. Ajang pencarian bakat menyanyi, reality show, yang pemenangnya ditentukan oleh pemirsa televisi dengan pesan pendek. Makin banyak SMS, peluang menang makin besar. Bisnis seluler sangat dominan di sini.

Selama ini Indonesian Idol paling unggul dari segi kualitas vokal. AFI paling kedodoran meskipun juri utamanya Trie Utama terkesan paling galak dan paling tahu seluk-beluk how to sing. Suara peserta Indonesia Idol sebagian besar menggelegar layaknya penyanyi klasik atau yang makan kursus vokal.

Itu juga yang membuat saya agak kecanduan Indonesian Idol sejak era Joy Tobing, Delon, Winda, hingga Regina dan Sean. Yang saya lihat semalam di AFI 2013, kualitas vokal peserta masih kalah sama Idol. Anehnya, ketika ada peserta yang suaranya rada fals di beberapa bagian, malah dibilang bagus oleh si David. Hehehe ...

Melihat AFI di sela turun minum pertandingan Indonesia vs Filipina (kejuaraan sepakbola U13), saya jadi penasaran dengan alumni AFI di masa lalu. Veri yang melejit di AFI jilid pertama, kemudian juara, ke manakah dia? Kemudian Kia yang berdarah Flores itu?

Industri musik saat ini memang punya logika sendiri yang kerap bertentangan dengan logika juri reality show ala Trie Utami. Para pemenang kontes nyanyi macam AFI atau X Factor belum tentu dapat kesempatan di industri.

Yang melejit di industri justru penyanyi-penyanyi yang dekat dengan Ahmad Dhani dan sejenisnya. Mulan tak perlu ikut AFI atau Indonesia Idol untuk melejit di industri musik pop tanah air. Mulan cukup mendekat ke Dhani, kemudian dipoles di Republik Cinta, kemudian dijadikan istri Dhani.

Terus terang saja, malam itu saya menilai kualitas vokal tiga peserta AFI 2013 jauh lebih bagus ketimbang Maia, sang juri. Tapi Maia punya hoki yang bagus karena sangat paham logika industri.


Sent from my BlackBerry® via Smartfren EVDO Network

1 comment: