16 September 2013

Album SANTAI Rien Djamain

Wah, saya menemukan kaset lama Rien Djamain saat membersihkan gudang lama di Pucangsewu, Surabaya. Ternyata si empunya rumah dulunya suka musik. Banyak kaset artis lawas meski pitanya sudah rusak.

Saya terkesan dengan kaset RIEN DJAMAIN volume 1 bertajuk SANTAI. Musik digarap A Riyanto, komposer top 1970an, kaset terbitan Musica ini berisi 18 lagu. Santai ciptaan Yoel Crizal ini berada di nomor urut satu Side A.

Nama-nama pencipta lagu tak asing lagi di jagat musik pop masa itu. A Riyanto, Johanes Purba, Zaenal Arifin, Surni Warkiman, Wedhasmara, Yahya. Hits maker saat itu Zaenal Abidin menyumbang 5 lagu, A Riyanto satu lagu berjudul Jangan Engkau Nodai.

Saya sendiri hanya tahu Rien Djamain sebagai pelantun lagu-lagu bosas, jazzy ala Indonesia. Lembut suaranya, irama mengalir lembut, asyik. Rien ini angkatan Margie Sieger yang disusul Ermy Kullit, Cici Sumiati, dan sebagainya.

Ireng Maulana juga berhasil mempopulerkan irama bosas ini lewat Rafika Duri dan Harvey Malaiholo. Sayang, musik pelepas penat yang jazzy sudah lama hilang di Indonesia. Di televisi kita hanya menemukan lagu-lagu pop yang seragam. Atau lagu-lagu dangdut koplo dengan busana artis yang serbaminim.

Rien Djamain bagaimanapun juga telah meninggalkan jejak di dunia musik pop Indonesia. Sayang, saya tak punya lagi tape recorder untuk memutar kaset lawas nan berdebu itu. Saat ini kaset dan tape recorder sudah jadi barang antik di era digital dan internet.

No comments:

Post a Comment