03 July 2013

Umur Manusia 175 Tahun



Berapakah usia hidup manusia? Ada banyak faktor yang menentukan umur seseorang. Yang jelas, usia manusia cenderung makin berkurang dari waktu ke waktu.

Saat ini kita makin sulit menemukan manusia berusia 100 tahun dan sehat walafiat. Beda dengan zaman dulu ketika usia seabad merupakan hal biasa. Polusi, makanan, kimia, dan masih banyak faktor lain yang membuat manusia sekarang sulit mencapai usia 100 tahun, kata seorang guru senam tionghoa di Surabaya.

Dokter Li Yanhong dari RS Kanker Fuda, Guangzhou, mengatakan usia maksimal mamalia itu 5-7 kali pertumbuhan gigi terakhir. Artinya, usia maksimal manusia 7 x 25 = 175 tahun.

Luar biasa! Ini usia potensial yang bisa dicapai manusia. Tapi faktor keturunan, kebiasaan hidup, makanan, lingkungan, penyakit dsb membuat makin sedikit manusia di tanah air yang mencapai usia 120 atau 100 tahun. Tidak usahlah 175 tahun.

Dr Li yang ahli kanker mengatakan dokter terbaik adalah diri kita sendiri. Kitalah yang memilih makanan, obat, suplemen, istirahat, olahraga dsb. Secanggih-canggihnya ilmu kedokteran, manajemen kesehatan tergantung pada diri kita sendiri.

Contoh sederhana, kata Li, sarapan, makan siang, makan malam. Sebaiknya malam hari kita makan sedikit agar organ pencernaan punya kesempatan istirahat. Bukan malah memburu kuliner enak plus gorengan
pada malam hari yang maknyus.

Nasihat macam ini selalu disampaikan Dr Li kepada pasien kanker yang berobat ke rumah sakit terkenal di Guangzhou itu. Sel-sel kanker bisa ditidurkan, kekebalan tubuh bisa dijaga, dengan memelihara kesehatan
kita sendiri.

Jangan suka makan gorengan, begitu pesan Xie Fang, akupunkturis di Masjid Cheng Hoo Surabaya. Makanan gorengan itu tidak baik, membuat badanmu tidak kuat. Makanan bersantan juga tidak baik.

Selanjutnya kita hanya bisa berdoa dan berserah kepada Tuhan, sang empunya hidup. Karena kita tidak pernah tahu kapan si pencuri masuk ke dalam rumah kita.

2 comments:

  1. Luar biasa! Di negara mana ya yang masih banyak yang berumur satu abad lebih? Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehee.... Ini kan cuma umur ideal saja, alias teoretis. tapi faktanya makin sedikit orang yg bisa mencapai umur selanjut itu. semoga anda dianugerahi Tuhan usia yg panjang.

      Delete