25 July 2013

Barcelona dan Real Madrid makin loyo

Kredit foto: kompas.com

Melihat siaran langsung pertandingan Bayern Munchen vs Barcelona di televisi, Kamis 25 Juli 2013, saya sedih. Sebagai penggemar Barca, saya kecewa melihat permainan tim yang baru ditinggal pelatih Tito Villanova itu. Permainan cepat dari kaki ke kaki, tiki-taka, pergerakan cepat, kepiawaian membuka ruang... hampir tidak ada.

Messi pun tak bisa berbuat banyak. Betul, ini cuma uji coba. Betul, banyak pemain utama Barca tidak ikut bermain. Betul, pelatih baru, Tata, tidak berada di pinggir lapangan. Tapi ini Barca, Bung! Kesebelasan yang enam tahun terakhir sulit ditaklukkan di dunia, termasuk Barcelona B. 

Kerja sama antarlini, kepiawaian lini tengah, tak terlihat pada pertandingan itu. Barca jadi bulan-bulanan Bayern Munchen. Kita masih ingat Barca belum lama ini dipecundangi dua kali di Liga Champion dengan agregat tujuh gol tanpa balas. Itulah tanda-tanda awal hilangnya keajaiban tika-taka yang pernah memukau jutaan penggemar bola di seluruh dunia.

Lantas, bagaimana peluang Barcelona di La Liga alias Liga Spanyol?

Apa pun kelemahan Barca musim ini, rasanya Barca masih the best di Spanyol. Satu-satunya pesaing abadinya tetap Real Madrid. Klub-klub La Liga yang lain, yang memang sudah lemah, semakin lemah setelah ditinggal pemain-pemain bintang ke Inggris atau Italia. 

Tapi Real Madrid pun sebetulnya tidak lebih baik daripada Barcelona. Bahkan, saya melihat Madrid justru makin jelek setelah dipegang Jose Mourinho selama tiga tahun. Sering salah passing, penguasaan bola sedikit, sistem serangan balik, kerja sama sangat buruk. 

Pelatih baru, Carlo Ancelotti, pun rasanya tak akan banyak membantu. Ketika melatih Chelsea pun permainan The Blues tidak begitu bagus. Bahkan, Ancelotti sampai dipecat karena kualitas Chelsea terus menurun. Sering kalah melawan klub-klub papan tengah dan bawah.

Yah, Barcelona hampir pasti akan jadi juara lagi di Spanyol. Tapi menurunnya kualitas Real Madrid dan Barcelona akan membuat La Liga tidak lagi menarik ditonton. Justru Bayern Munchen yang saat ini menjadi klub yang uber alles. 

No comments:

Post a Comment