24 June 2013

Anie Carera Jadi Cawawali Madiun


Penyanyi wanita yang tidak lekas banting setir, atau cepat-cepat menikah dengan pengusaha kaya, biasanya kesulitan di usia senja. Job sepi, tren musik sudah jauh berbeda. Apalagi industri musik Indonesia yang belakangan makin dirasuki virus koplo dengan goyangan erotis.

Siapa gerangan yang ingin menyaksikan goyangan biduanita tua?

Maka, tak heran banyak artis lawas yang mencoba peruntungan dengan main politik. Jadi caleg, ikut pemilukada, jadi pengurus partai, dan sebagainya. Wajar karena popularitas sudah punya. Tinggal membaca-baca sedikit aturan main politik, isu-isu mutakhir, si artis lawas pun berubah menjadi politikus.

Kabar terbaru dari Jawa Timur, penyanyi pop 1990-an Tri Nuryani, yang populer dengan nama ANIE CARERA, baru saja mendaftarkan diri sebagai calon wakil wali kota Madiun. Wanita kelahiran 1 Juni 1969 ini memang asli Madiun.

"Saya yakin bakal menang bersama pasangan saya, Pak Sutopo, calon wali kota," kata Anie Carera yang kini tampil rapi dengan busana muslimah. Pasangan Sutopo-Anie Carera diusung Hanura, PDP, dan PDS. "Saya punya komitmen untuk memberdayakan kaum wanita."

Belajar menyanyi di kampung halamannya, Tri Nuryani alias Anie Carera ini mulai dikenal masyarakat Jawa Timur setelah tampil di TVRI Surabaya. Gombloh (almarhum) melihat Anie punya bakat untuk masuk dapur rekaman. Saat itu Surabaya punya Nirwana Records, major label yang sangat terkenal, dan Gombloh sebagai salah satu komposernya.

Nah, pada 1988 Gombloh membuat album perdana Anie Carera berjudul Janji Itu Manis.

Anie sempat vakum dari dunia musik karena ingin fokus kuliah serta bekerja di BRI Surabaya. Tahun 1996, Anie Carera meluncurkan album Cintaku Tak Terbatas Waktu yang terjual lebih dari 1 juta keping di Indonesia dan Malaysia. Album inilah yang melejitkan nama Anie Carera sampai saat ini.

"Yang menggarap album itu adalah Bang Deddy Dores. Kebetulan musiknya Deddy Dores lagi disukai masyarakat," katanya.

Sejak tahun 2000, Anie Carera dan penyanyi-penyanyi seangkatannya menghilang dari industri musik yang tengah dikuasai band-band seperti Padi, Sheila on 7, Dewa 19, Gigi. Hampir tak ada lagi penyanyi solo yang menonjol. Warna musik pun berubah sama sekali. Maka, nama Annie Carera pun tenggelam.

"Job sih tetap ada tapi terbatas," katanya.

Nah, ketika orang sudah melupakan dirinya, berita artis masih didominasi Eyang Subur, Fathanah dengan wanita-wanita mainannya, kawin cerai artis, tiba-tiba Annie Carera muncul dengan kejutan. Mendaftarkan diri ke KPU Kota Madiun sebagai bakal calon wakil wali kota. Pemilihan wali kota Madiun baru akan digelar pada 29 Agustus 2013.

Akankah Annie Carera berhasil mencetak hits hingga lima juta kaset/CD, seperti dikutip Wikipedia? Waktulah yang akan menjawab.

No comments:

Post a Comment