31 March 2013

Olga Lidya Pemandu Misa Paus Fransiskus


Selama dua jam lebih artis Olga Lidya dan Susan Bachtiar memandu siaran langsung misa Paskah dari Basilika Santo Petrus, Vatikan, Minggu (31/3/2013). Dihadiri sekitar 200 ribu jemaat dari berbagai negara, misa peringatan kebangkitan Yesus Kristus ini dipimpin Paus Fransiskus. Pemimpin umat Katolik sedunia asal Argentina itu baru terpilih pada 13 Maret 2013.

"Luar biasa antusiasme umat dalam menyambut Paus Fransiskus. Beliau adalah tipe gembala yang sangat dekat dengan umat," ujar Olga Lidya yang aktif mewawancarai Romo BS Mardiatmadja SJ dan Romo Rudi sepanjang siaran langsung di INDOSIAR. Stasiun televisi ini dalam beberapa tahun terakhir memang selalu menyiarkan misa Paskah dari Kota Vatikan.

Yang paling berkesan bagi Olga adalah kesederhanaan dan keterbukaan paus berusia 76 tahun itu. Usai memimpin misa dalam bahasa Latin dan Italia, paus beberapa kali menyapa dan menggendok anak kecil. Bahkan, seorang bocah laki-laki sepertinya tak mau lepas dari gendongan Sri Paus.

"Mungkin orang-orang yang baru berjabatan tangan dengan Bapa Paus itu malamnya nggak bisa tidur karena sangat terkesan," ujar artis yang ikut membintangi film Soegija itu.

Gara-gara bermain di film tentang Monsinyur Soegijapranata SJ itu pula, Olga mengaku semakin memahami tentang tata cara pemilihan uskup maupun paus. Tak heran, alumnus Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, ini cukup memahami jalannya liturgi Paskah ala Vatikan yang sangat detail dan rumit.

No comments:

Post a Comment