09 March 2013

Bentoel hilang di Lembata

Waktu saya masih anak-anak di kampung, Lembata, NTT, rokok Bentoel benar-benar laris. Kios rokok kecil di rumah saya selalu diserbu para penggemar rokok kretek itu. Hampir pasti mereka membeli rokok Bentoel.

Rokok merek lain boleh dikata tidak laku. Di bawah Bentoel ada Commodore, rokok putih yang bungkusnya hijau. Tapi tetap kalah jauh sama Bentoel Biru. Kepopuleran Bentoel ikut membuat populer Malang, kota tempat pabrik rokok Bentoel.

Rupanya selera perokok di pelosok NTT berubah perlahan-lahan. Akhir Desember 2012, ketika pulang kampung, saya tidak lagi melihat rokok yang mereknya Bentoel. Seorang kakek yang tempo dulu penggemar berat Bentoel meminta saya membelikan Gudang Garam Surya. "Saya tidak mau rokok lain," kata kakek 80an tahun itu.

Iseng-iseng saya survei di beberapa kios, termasuk yang paling besar. Aha, Bentoel memang sudah lama tidak beredar karena perubahan selera masyarakat. Rokok Surya dari Kediri ternyata sangat digemari remaja hingga kakek-kakek.

Rokok lintingan yang dulu sangat populer tidak ada lagi. Apalagi rokok klobot yang pakai daun lontar alias siwalan. Rupanya, selera rokok orang NTT tidak jauh beda dengan orang Jawa.

Di Surabaya pun Bentoel sangat sulit ditemui di pasar. Bahkan ada yang mengira pabriknya sudah tutup. "Saya paling suka GG Merah," kata Pak Mamat dari Sidoarjo.

Bagaimana dengan Bentoel? "Wah, saya malah sudah lupa rasanya Bentoel," katanya.



Peringatan pemerintah:

MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN!

7 comments:

  1. Di Jawa, Jakarta, Cirebon, Purwokerto pun saya sudah jarang menemui rokok Bentoel. Entah apa karena stop produksi atau bagaimana. Kemudian ada Ardath juga tidak pernah terlihat lagi. Kemanakah nasib mereka?

    ReplyDelete
  2. hehehehe bentoel itu rasanya gak asyik menurut aq. memang kembali lagi ke soal selera. kita juga udah jarang lihat iklan rokok bentoel.

    ReplyDelete
  3. kalau menurut saya, sebaiknya yg memproduksi Rokok Bentoel. harus mengeluarkan prodak nama rokok terbarunya ?

    ReplyDelete
  4. kalau menurut saya, sebaiknya yg memproduksi Rokok Bentoel. harus mengeluarkan prodak nama rokok terbarunya ?

    ReplyDelete
  5. Kan memang Bentoel sudah diakuisisi sama BAT? Jadi produk Bentoelnya sendiri sudah tidak diproduksi lagi, itu perkiraan saya karena saya bukan perokok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pabrik BAT di daerah saya Cirebon juga sepertinya tak beroperasi lagi, apakah itu tandanya mereka bangkrut?

      Delete
    2. Klo ga salah saya pernah baca kalau BAT lebih fokus dengan pabrik di Malang daripada Cirebon mungkin untuk mempermudah pengelolaan. Setahu saya di Pulau Lombok masih banyak petani tembakau yang memasok bahan baku ke BAT.

      Delete