05 February 2013

Shio ular mulai 4 Februari 2013

Suhu Dian
Tahun baru Imlek atau Sincia (Xinnian) dimulai pada 10 Februari 2013. Namun, pergantian dari shio naga ke shio ular ternyata sudah terjadi pada 4 Februari pukul 00.31 WIB.

"Jadi, anak-anak yang lahir sesudah tanggal 4 Februari shionya shio ular meskipun belum tahun baru Imlek. Ini merupakan konsep perhitungan dalam kitab Tiongkok kuno yang disebut Tong Shu," ujar Suhu Dian, pakar fengshui, kepada saya.

Suhu Dian baru saja menerbitkan buku Almanak Fengshui 2013 Ular Air. Menurut dia, sebagian masyarakat selama ini beranggapan bahwa perayaan tahun baru Imlek (Yinli) bersamaan dengan pergantian shio atau xiao. Seakan-akan saat malam Sincia terjadi pergantian shio berdasar astrologi Tiongkok.

"Konsep ini kurang tepat karena tidak menyertakan pengaruh matahari terhadap pergantian musim di bumi. Jadi, pergantian shio harus dihitung dari berakhirnya musim dingin dan mulai masuk musim semi," terang suhu yang sudah banyak menulis buku-buku fengshui ini.

Merujuk pada konsep Tong Shu, sambung Dian, pergantian shio jatuh pada tanggal 4 atau 5 Februari. Bisa sebelum atau sesudah tahun baru Imlek atau Sincia. Sebagai contoh, tahun lalu, permulaan shio naga jatuh pada 4 Februari 2012 meskipun tahun baru Imlek jatuh pada 23 Januari 2012.

Menurut pria kelahiran Solo pada 1956 ini, Tong Shu alias Dong Su merupakan catatan tentang kalender bagi masyarakat Tiongkok kuno yang telah digunakan sejak 5.000 tahun silam. Almanak ini ditulis berdasar penelitian pengaruh gravitasi orbit rembulan terhadap kehidupan di bumi. Tong Shu ini menggabungkan pengaruh posisi matahari untuk menentukan pergerakan musim di bumi.

Bagaimana prediksi alam di tahun ular?

Menurut Suhu Dian, tahun ular kali ini disebut Gui Si atau ular berunsur air yang mengalir sampai jauh. Karakternya hampir sama dengan tahun naga yang baru dilewati. Curah hujan masih tetap tinggi dan mendatangkan banjir. Angin dan badai serig terjadi saat pergantian musim.

"Juga sering terjadi bencana kebakaran karena faktor alam dan manusia," paparnya.

No comments:

Post a Comment