09 February 2013

Salah kaprah istilah IMLEK

Empat pastor di Gereja Redemptor Mundi Surabaya ikut memeriahkan tahun baru Tionghoa.


Harian Kompas Sabtu ini, 9 Februari 2013, di halaman 26 menulis berita berjudul MERAYAKAN IMLEK BERSAMA KORBAN. Sepintas tak ada masalah karena memang sudah lazim. Tapi, bagi orang Tionghoa, atau orang bukan Tionghoa, tapi biasa bergaul akrab dengan Tionghoa, kayak saya, istilah IMLEK di situ kurang tepat.
Imlek kok dirayakan? 

Yang benar, orang Tionghoa di seluruh dunia merayakan TAHUN BARU. Orang Barat bilang CHINESE NEW YEAR. Orang Tionghoa di Surabaya bilang SINCIA. 

Tidak ada orang Tionghoa yang bilang: 

"Kita orang mau pigi restoran untuk merayakan IMLEK!" Hehehe....

IMLEK atau YINLI (Mandarin) = penanggalan bulan = LUNAR CALENDAR. 

Kalender Imlek ini beda dengan solar calendar yang dipakai penanggalan masehi. Karena itu, aneh kalau orang menyebut hari raya imlek atau merayakan imlek.

Yang benar ya merayakan TAHUN BARU atau GUO NIAN atau XIN NIAN atau SINCIA. Untuk membedakan dengan tahun baru umum (solar system) maka lengkapnya TAHUN BARU IMLEK. Atau, TAHUN BARU TIONGHOA atau TAHUN BARU CHINA.

Saya baru membaca buku CHINESE FESTIVALS karya Wei Liming. Buku itu hadiah dari Xiao Shan, sekretaris konjen Tiongkok di Surabaya. Xiexie ni! Dari buku itu saya jadi banyak tahu sejarah dan tradisi perayaan-perayaan Tionghoa yang sudah berusia ribuan tahun.

SINCIA disebut juga CHUN JIE atau SPRING FESTIVAL. Pesta musim semi yang sudah berusia 2000 tahun lebih. Selalu ada perubahan, modifikasi, dan penyesuaian di setiap dinasti. Tapi intinya sama dari masa ke masa.

Malam tahun baru merupakan momen penting untuk berkumpul keluarga besar. Makan bersama, minum, main apa saja, santai... sampai pagi datang. Melekan bersama itu dinamakan SHUO SUI. Anak-anak mendapat YA SUI atau ANGPAU istilah populer di Surabaya.

Siang hari tanggal satu bulan satu diadakan BAI NIAN atau mengunjungi keluarga, kerabat, relasi, atau tetangga. Yang muda mengunjungi yang tua. Saling mengucapkan selamat tahun baru. 

GONG XI FA CAI!  

5 comments:

  1. selama ini aq juga pikir imlek = tahun baru china. thanks atas penjelasan anda.

    ReplyDelete
  2. persoalannya, org tionghoa sendiri kurang memberi penjelasan yg benar tentang hal2 elementer seperti ini.

    ReplyDelete
  3. ajang silaturrahmi.
    mirip hari raya Idul Fitri.
    saling ketemu dengan keluarga.
    yang muda mengunjungi yang tua/sebaliknya.
    saling jabat tangan.

    ReplyDelete
  4. Betul... istilah merayakan Imlek itu tidak tepat.
    Yang benar merayakan tahun baru tionghoa. Atau dalam bahasa Inggris : Chinese New Year.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merayakan Tahun baru Imlek itu benar. Merayakan Hari raya Imlek itu tidak ada. Im=bulan ; lek = kalender.

      Delete