07 February 2013

Pilgub Jatim tanpa greget

Pemilihan gubernur Jawa Timur benar-benar kehilangan greget. Beda betul dengan lima tahun lalu. Saat ini hanya Soekarwo yang sejak awal berniat maju lagi bersama pasangan lamanya Syaifullah Yusuf.

PDIP tak punya calon. Padahal partai nasionalis ini biasanya punya jualan istimewa seperti Jokowi di Jakarta. Bambang DH yang diharapkan maju pun terkesan gamang. Golkar jelas tak akan mencalonkan orangnya.

Tinggallah PKB yang kemungkinan memajukan Khofifah lagi. Kalau PKB pun merapat ke Pakde Karwo, bukan tidak mungkin pilgub nanti hanya ada satu pasangan calon alias Karsa.

Khofifah jelas bukan figur yang lemah. Dia sempat mengalahkan Soekarwo di putaran pertama, kedua versi hitung cepat, tapi kalah di MK. Ini karena Soekarwo bukanlah figur yang sangat kuat seperti Jokowi.

Tapi situasi sekarang berbeda dengan 2008. Waktu itu tidak ada inkumben. Semuanya sama-sama belum pernah jadi gubernur. Sekarang Karsa sudah membuktikan diri sebagai pemimpin Jatim selama lima tahun. Dan, menurut kalangan pengamat, prestasi Soekarwo di atas rata-rata.

Kalau di DKI Jakarta dan Jawa Barat (dan banyak provinsi lain) gubernur gegeran dengan wakilnya, kemudian wagub mundur, di Jatim justru sangat rukun. Gus Ipul komplementer dengan Soekarwo karena latar belakang santri nahdliyin plus kepiawaiannya mbanyol. Suasana menjadi sangat gayeng!

Maka, kalau Khofifah maju lagi, mungkinkah mengulang pilgub lima tahun silam? Kayaknya sangat sulit. Harus ada figur sekuat Jokowi yang disodorkan untuk melawan Soekarwo. Dan Khofifah bukanlah tipe Jokowi.

Sayang, partai-partai terkesan apatis menemukan figur mumpuni yang bisa membuat Jatim lebih dinamis. Sebagai provinsi besar, 40 juta penduduk, Jatim seharusnya dipimpin tokoh sekaliber Dahlan Iskan, Jokowi, atau CEO papan atas. 

Apa boleh buat. Hampir semua partai merapat ke Soekarwo-Syaifullah sehingga pertempuran boleh dikata sudah selesai sebelum dimulai. Kalau sudah tahu bakal kalah sama Pakde Karwo, kenapa harus repot-repot mengusung calon sendiri?

No comments:

Post a Comment