15 January 2013

RS Guangzhou promosi terapi stem cell


Makin hebat saja Tiongkok di bidang medis. Kalau dulu orang Indonesia lebih memilik ke Eropa atau Amerika untuk berobat, kini negeri Cungkuo ini sudah jadi favorit pasien kaya. Terutama pasien penyakit-penyakit kelas berat macam kanker, diabetes, ginjal.

Pekan lalu, tim dokter Modern Cancer Guangzhou Hospital datang ke Surabaya untuk mempromosikan terapi stem cell yang dikembangkan di rumah sakit itu. Prof Peng Qirong, ketua tim dokter, mengatakan Modern Cancer Guangzhou Hospital sudah menjadi jujukan pasien dari berbagai negara. Tak sedikit dari Indonesia. Peng mengklaim 95 persen pasiennya berhasil.

Dokter spesialis stem cell ini menjelaskan, pengobatan dengan terapi stem cell sudah dikembangkan sejak 1970-an dan dalam 10 tahun terakhir mengalami kemajuan pesat. Dia bahkan menyebut stem cell ini sebagai teknologi terapi klinis revolusioner di bidang kedokteran regeneratif.

Stem cell mempunyai kemampuan memperbarui diri secara mengagumkan. Setelah ditranplantasikan ke dalam tubuh pasien, sel-sel yang mati atau rusak bisa diperbaki. Maka, tanpa obat, tanpa operasi, berbagai penyakit bisa diatasi. "Terapi stem cell adalah pengobatan tercanggih di bidang klinis zaman ini," kata Prof Peng Qirong.

Menurut Peng Qirong, penanganan pasien pun tidak ribet. Persiapan sekitar 3-5 hari, kemudian pengobatan hanya 3 sampai 4 kali. "Yang penting, pasien menuruti ada yang diperintahkan dokter, khususnya setelah terapi," katanya.

Modern Cancer Guangzhou Hospital ini sudah buka kantor perwakilan di Surabaya, tepatnya di Wisma BII Lantai 7, Jalan Pemuda Surabaya.

3 comments:

  1. agaknya tuntutlah ilmu ke negeri cina emang benar mas

    ReplyDelete
  2. dokter2 china memang sangat tekun melakukan riset untuk liver, diabetes, kanker dsb. sejak ribuan tahun lalu mereka sudah getol mempelototi tubuh manusia, menemukan obat, dsb. sekarang china paling jago di bidang transplantasi liver, ginjal, dsb.

    ReplyDelete
  3. Anonim Tidak Rasis5:13 AM, January 16, 2013

    Stem cell therapy di Tiongkok dimudahkan oleh tersedianya janin (embryo) karena di sana banyak dilakukan aborsi, dengan adanya aturan "yige haizi hao" alias "Satu Anak Saja". Sebelum berobat, pikirkan yang matang dahulu etikanya.

    ReplyDelete