08 November 2012

Manado Paling Gemuk, Flores Paling Kurus


Warga Flores Timur sedang pesta adat.


Orang Indonesia makin gemuk. Data dari Kementerian Kesehatan menyebutkan, 12 persen orang Indonesia kegemukan alias terkena obesitas. Dan tren ini akan terus meningkat seiring kemakmuran yang bertambah plus kemalasan berolahraga.

Dari 33 provinsi, orang Sulawesi Utara yang paling gemuk, 22 persen. Ehm... mungkin karena orang Manado suka makan banyak dan doyan daging yang lemaknya banyak itu. Siapa yang tak suka makan banyak kalau rica-ricanya merangsang selera?

Di bawah Sulawesi Utara Kalimantan Timur 17,3 persen obesitas. Disusul Bangka-Belitung 16,5 persen dan DKI Jakarta 16,2 persen. Orang yang kegemukan di Jawa Timur hanya 11 persen.

Yang menarik, Nusa Tenggara Timur (NTT), provinsi tempat lahir beta, menempati posisi 33 alias juru kunci. Amboi, orang NTT, lebih khusus lagi Flores yang punya 10 kabupaten (termasuk Lembata dan Alor) paling kurus di Indonesia.

Angka obesitas NTT cuma 6,5 persen. Artinya, dari 100 orang NTT, hanya enam orang yang berat badannya overdosis. Orang Indonesia paling langsing di Indonesia.

Memang betul bahwa obesitas itu tidak baik. Sangat berisiko terserang bermacam-macam penyakit. Tapi orang NTT jangan dulu senang mengingat data kemenkes ini sejatinya hasil survei status gizi penduduk.

Dus, bisa dikatakan bahwa sebenarnya orang NTT, khususnya Flores, itu paling kurang gizi di Indonesia. Bagaimana bisa gemuk kalau persediaan makanan di kampung-kampung sangat terbatas? Sering rawan pangan karena gagal panen? Curah hujan sangat sedikit?

Karena itu, data indeks massa tubuh yang dirilis kemenkes ini sejalan dengan data hasil kelulusan pelajar. Sejak dulu sampai tahun 2012 ini angka kelulusan di NTT nomor satu dari belakang alias nomor 33 dari 33 provinsi. Orang yang kurang gizi terbukti tidak cerdas. IQ jongkok.

Mungkin yang paling afdal badan sehat, tidak kegemukan, gizi cukup, dan cerdas. Kurusnya artis-artis kita lantaran jadi pelanggan klinik pelangsingan tubuh, langganan gym... sementara kurusnya kita orang di NTT karena... kurang gizi.

Sama-sama kurus, tapi musababnya berbeda! Hehehe....

No comments:

Post a Comment